Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah/Freepik.com
Health

Risiko Penyakit Mematikan Akibat Kolesterol di Usia Muda

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 13 Juni 2023 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol kini banyak menyerang anak-anak usia muda karena kebiasaan dan gaya hidup mereka yang impulsif.

Karena tren gaya hidup modern, pola makan yang tak menentu, kurangnya aktivitas fisik dan kecenderungan konsumsi makanan cepat saji meningkatkan risiko terserang kolesterol di usia muda.

Kadar kolesterol yang tinggi di usia muda dapat menimbulkan risiko kesehatan jangka panjang. Salah satu dampak yang serius adalah risiko penyakit jantung dan stroke.

“Kadar Kolesterol tinggi pada usia muda dapat berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Di mana penyempitan arteri dan menghambat aliran darah yang normal, sehingga besar sekali kemungkinan akan terserang penyakit jantung, stroke dan penyakit vascular perifer,”  ujar dr Agus Rahmadi, M.Biomed, M.A., PhD praktisi Kesehatan.

dr Agus. memaparkan kenapa penyakit jantung berangkat dari kolesterol, karena kolesterol tinggi akan menyebabkan penumpukan plak aterosklerosis di dinding arteri. Tak ayal plak ini pun yang menyebabkan penyempitan arteri coroner yang memasok darah ke jantung.

Kolesterol di usia muda karena dapat memiliki konsekuensi jangka panjang yang serius terhadap kesehatan berikut:

1. Penyakit Jantung Koroner

Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak aterosklerosis di dinding arteri. Plak ini dapat menyebabkan penyempitan arteri koroner yang memasok darah ke jantung.

Jika arteri koroner menjadi terlalu sempit, aliran darah dan oksigen ke jantung dapat terhambat, meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, seperti serangan jantung.

2. Stroke

Penyempitan atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh penumpukan plak aterosklerosis dapat menghambat aliran darah ke otak. Hal ini dapat menyebabkan stroke, yaitu kerusakan pada bagian otak akibat kurangnya pasokan darah dan oksigen.

3. Penyakit Vaskular Perifer

Kolesterol tinggi juga dapat mempengaruhi arteri di luar jantung dan otak, seperti arteri kaki atau tangan. Penyempitan arteri ini dapat menyebabkan gangguan sirkulasi, nyeri saat berjalan (claudication), dan dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan gangren atau amputasi.

4. Penyakit Jantung Bawaan

Anak-anak dengan kelainan genetik yang menyebabkan kolesterol tinggi, seperti hiperkolesterolemia familial, berisiko lebih tinggi mengembangkan penyakit jantung bawaan.

5. Penyakit Ginjal

Tingkat kolesterol yang tinggi dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit ginjal, seperti nefropati diabetik atau penyakit ginjal polikistik.

Tanda dan gejala yang mungkin muncul jika anak muda memiliki masalah kolesterol berlebih?

Kolesterol tinggi pada anak muda umumnya tidak menunjukkan gejala yang jelas atau spesifik. Namun, jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi, mereka mungkin mengalami beberapa tanda dan gejala, seperti  nyeri dada,  nyeri pada lengan, punggung, rahang, atau perut bagian atas.

“Tetapi penting untuk dicatat, kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi malah tidak mengalami gejala. Sebaiknya biasakan untuk melalui pemeriksaan darah,” tutur dr Agus.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemeriksaan kadar kolesterol awal antara usia 9 dan 11 tahun, dan kemudian diulang antara usia 17 dan 21 tahun. Ini dapat membantu mendeteksi kadar kolesterol tinggi atau faktor risiko kardiovaskular lainnya sejak dini.

“Setiap kasus dapat bervariasi, dan pendekatan penanganan akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak muda. Jika anak muda memiliki faktor risiko tambahan seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, atau riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung, maka pemeriksaan kadar kolesterol dapat dilakukan lebih awal atau lebih sering,” jelas dr Agus.

Bagaimana Cara Menjaga Kolesterol di Usia Muda?

Ada beberapa langkah untuk menjaga kolesterol dalam batas normal di usia muda, yaitu mengatur  pola makan rendah lemak jenuh dan tinggi serat, beraktivitas fisik teratur, hindari rokok dan konsumsi alkohol yang berlebih.

“Berbicara mengenai asupan, untuk melengkapi nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi Red Pine Korea dan minyak ikan. Red pine Korea di perlukan tubuh karena mengandung katekin yang akan mengaktifkan Nitrioxide (NO) yang ada di dinding endotel pembuluh darah sehingga melebarkan pembuluh darah dan bisa menurunkan kadar lemak yang ada di pembuluh darah,” ucap dr Agus.

dr Agus menambahkan, kandungan yang ada dalam minyak ikan yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) juga memberikan berjuta manfaat Kesehatan.

Sementara itu, Tole Sutrisno, Direktur Operasional PT Tradisi Untuk Semesta (TRUST) produsen suplemen kesehatan Merial mengatakan lemak sehat yang terkandung dalam minyak ikan memang telah terbukti sejak lama ampuh untuk menangkal risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, menurunnya fungsi penglihatan, liver, bahkan hingga penyakit mental seperti depresi.

Lebih lanjut Tole mengatakan, Kelebihan lain dari mengkonsumsi minyak ikan secara teratur, selain menurunkan risiko berbagai penyakit tentu saja imunitas tubuh pun terjaga.

Dia memaparkan Merial yang mengandung ekstrak pinus merah korea (Red Pine Korea) yang memberikan manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan hipertensi secara perlahan, membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi yang berhubungan dengan arthritis, menurunkan lemak trigliserida dalam darah, serta mengurangi pertumbuhan plak Aterosklerosis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro