Ilustrasi serangan jantung
Health

10 Kelainan Jantung yang Langka, Sudah Pernah Dengar?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 13 Juni 2023 - 16:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung rentan terhadap beberapa komplikasi dan kita hanya mengetahui yang umum.

Selama ini mungkin Anda lebih sering mendengar istilah penyumbatan jantung, pembengkakan jantng atau bocor jantung.

Tapi, nyatanya ada banyak jenis masalah dan kelainan jantung di dunia ini yang mungkin tidak Anda ketahui.

Berikut 10 kelainan jantung langka yang mungkin tidak Anda ketahui selama ini

1. Penyakit Kawasaki

Penyakit jantung langka lainnya, penyakit Kawasaki, terjadi karena peradangan pada arteri koroner.

Sebagian besar terlihat pada anak-anak dan gejala khas penyakit ini adalah demam tinggi, tangan bengkak, mata merah, dan kulit mengelupas. Disebut juga sindrom kelenjar getah bening mukokutan karena pada penyakit ini kelenjar getah bening membengkak.

2. Infark miokard dengan elevasi ST (STEMI)​

Ini adalah jenis penyakit jantung lain yang jarang terlihat dan kasusnya hanya ditemukan pada wanita. Di STEMI, arteri koroner utama tersumbat sepenuhnya. Itu juga dikatakan sebagai salah satu jenis serangan jantung yang paling serius.

Sebuah studi baru-baru ini, yang temuannya dipresentasikan pada British Cardiovascular Society Conference, menemukan bahwa risiko STEMI meningkat paling banyak pada hari Senin.

3. Kardiomiopati amiloid transthyretin (ATTR-CM)​

Ini adalah bentuk penyakit jantung yang langka di mana protein tidak teratur menumpuk di jantung.

Penumpukan protein ini membuat ventrikel kiri jantung menjadi kaku dan mengganggu kemampuan memompanya, yang sebenarnya merupakan peran utama jantung.

Pertumbuhan protein ini membuat jantung sulit memompa darah dengan baik. Ia juga dikenal sebagai amiloidosis jantung, amiloidosis ATTR, dll.

4. ​Sindrom jantung X​

Dianggap sebagai penyakit jantung yang langka, sindrom jantung X tidak menunjukkan adanya kelainan pembuluh darah koroner pada angiogram. Ini ditandai dengan nyeri angina. Hal ini sebagian besar terlihat pada wanita perimenopause dan pascamenopause.

5. Kardiomiopati Takotsubo

Anda akan terkejut mengetahui bahwa kardiomiopati Takotsubo terjadi sebagai respons terhadap pengalaman emosional yang intens. Bahkan pengalaman fisik yang intens juga bisa memicu kondisi jantung ini. Dalam hal ini ruang pompa jantung mengubah ruang dan ini mempengaruhi kemampuannya untuk memompa darah.

6. Angina prinzmetal

Ini juga dikenal sebagai varian angina. Ini disebabkan oleh kejang pada arteri koroner. Itu bisa terjadi karena cuaca dingin, stres, obat-obatan yang menyempitkan pembuluh darah, merokok dan kokain. Nyeri ini biasanya dirasakan pada malam atau dini hari.

7. ​Torsades de pointes​

Diciptakan oleh Dessertenne pada tahun 1966, Torsades de pointes mengacu pada takikardia ventrikel polimorfik. Salah satu gejala klasik dari penyakit ini adalah irama jantung yang tidak khas dan dalam hal ini bilik bawah jantung berdetak lebih cepat daripada bilik atas. Ini dapat menyebabkan kematian jantung mendadak.

8. ​Tetralogi Fallot​

Ini adalah kondisi jantung bawaan di mana bayi lahir dengan katup paru yang sempit, aorta ditempatkan di sisi kanan tubuh, lubang di antara dua ventrikel, dan otot tebal di sisi kanan jantung. Bayi yang lahir dengan cacat ini harus menjalani operasi jantung sejak dini.

9. Sindrom Barlow

Secara sederhana, sindrom Barlow berarti katup mitral, yang memisahkan ruang atas dari ruang bawah jantung tidak menutup dengan benar akibatnya ada suara gumaman khas yang dapat didengar dengan stetoskop.

10. Anomali Ebstein

Cacat pada katup trikuspid jantung menyebabkan kondisi yang disebut anomali Ebstein. Katup trikuspid memisahkan atrium kanan dari ventrikel kanan. Katup trikuspid terbentuk dalam delapan minggu pertama pertumbuhan janin. Gejala umum adalah aritmia dan kematian jantung mendadak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro