Ilustrasi perempuan memainkan gadget karena insomnia/Freepik.com
Health

Makan Permen Karet dan Olahraga Bisa Kurangi Ngantuk di Malam Hari

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 17 Juni 2023 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda merupakan salah satu orang yang menggunakan kafein untuk tetap terjaga? Tak dapat dipungkiri, orang akan mencari kafein sebagai penyemangat untuk menjalani hari atau untuk tetap terjaga karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Hal wajar apabila Anda merasa lelah di hari berikutnya karena tidak tidur di malam hari. Namun, jika Anda mengalami kelelahan kronis, meminum kafein tanpa melakukan perubahan gaya hidup akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Dilansir WebMD dan GoodRx, penting bagi Anda untuk mengurangi kafein untuk menjaga kesehatan Anda.

Simak beberapa alternatif untuk membantu agar tidak mengantuk:

1. Tidur siang bila perlu

Jika di malam hari ada pekerjaan yang membuat Anda perlu terjaga, sempatkanlah waktu untuk tidur setidaknya 15 hingga 30 menit. Dengan begitu Anda dapat mengisi ulang baterai tubuh Anda untuk menjalani sisa hari dan meningkatkan fungsi kognitif.

2. Beristirahatlah dari layar

Merasa ngantuk mungkin merupakan cara mata Anda memberitahu Anda bahwa Anda membutuhkan jeda dari layar. Untuk menghindari kelelahan mata, cobalah untuk menjauh dari komputer dalam melakukan aktivitas lainnya untuk mengatasi rasa kantuk.

3. Kemas dalam protein

Daripada mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan untuk membantu Anda tetap terjaga, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau lemak sehat. Protein akan membuat Anda terjaga lama dan membantu Anda menghindari kenaikan gula.

4. Aromaterapi

Aroma tertentu dapat membantu membangkitkan indera Anda dan dapat membantu Anda untuk lebih fokus, berenergi, dan banyak lagi. Bila ingin terjaga lebih lama, cobalah kayu putih, lemon, atau peppermint.

5. Olahraga

Menggerakkan tubuh akan memberi tahu sel-sel Anda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak energi. Oleh karena itu, di sela-sela padatnya aktivitas, cobalah untuk berolahraga agar membantu Anda tetap terjaga di malam hari.

6. Mengunyah permen karet

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan Anda, membantu Anda bereaksi lebih cepat, meningkatkan perhatian, dan meningkatkan produktivitas selama hari kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro