Obat biduran - mediakom kemenkes RI
Health

8 Obat Biduran Alami dan Medis yang Ampuh Atasi Kulit Gatal

Hana Fathina
Selasa, 20 Juni 2023 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biduran adalah reaksi pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, bentol-bentol  dan terasa gatal seperti gigitan nyamuk namun dalam jumlah banyak. Gejala biduran ini bisa muncul di semua bagian tubuh, termasuk wajah, leher, telinga, punggung dan lainnya.

Kamu juga perlu mengetahui obat biduran agar tidak semakin gatal

Biduran juga lebih sering terjadi karena stress, kelelahan atau paparan cuaca panas. Gatal pada biduran bisa sangat mengganggu dan bentol-bentolnya pun bisa mengusik perhatian. Untuk mengatasinya, kamu bisa membeli obat biduran yang ampuh di apotek. 

Penyebab Kulit Biduran

  1. Mengkonsumsi makanan pemicu alergi. Beberapa yang umum menyebabkan alegi diantaranya yaitu hidangan laut, kacang, telur dan yang lainnya. 
  2. Kontak langsung dengan pemicu alergi, seperti bulu Binatang, kain berbahan lateks, dan lainnya. 
  3. Terkena gigitan serangga. 
  4. Stress.
  5. Terkena paparan bahan kimia. 
  6. Menderita lupus atau autoimun. 
  7. Efek samping obat-obatan tertentu.

Cara Mengobati Biduran

  1. Menggunakan lotion kalamin atau bedak salicyl untuk meringankan rasa gatal sementara. 
  2. Kompres dengan air dingin di area kulit yang muncul biduran untuk mengurangi rasa gatal. 
  3. Mengonsumsi obat antihistamin. Seperti cetirizine dan loratadine untuk meringankan bengkak dan rasa gatal pada kulit. Antihistamin ini ini bekerja dengan menghambat histamin yang dilepaskan oleh tubuh Ketika alergi terjadi. 
  4. Mengkonsumsi obat kortikosteroid sesuai dengan anjuran dokter. 
  5. Menangani kondisi medis yang menjadi pemicu sesuai dengan anjuran dokter.

Obat Biduran Alami

1. Mandi dengan Air Dingin

Kamu bisa menghindari mandi air hangat dan dianjurkan untuk mandi air dingin. Mandi dengan air hangat justru akan menghambat rasa gatal. Sementara, mandi dengan air dingin akan lebih nyaman sekaligus mengurangi sensasi gatal. 

2. Tambahkan Bubuk Kunyit pada Makanan

Tanaman rempah ini memang dikenal bisa menghilangkan radang dan membantu menyembuhkan luka. Tambahkan bumbu dapur ini pada makanan yang akan kamu konsumsi. Namun, perhatikan jumlahnya, mengkonsumsi bubuk kunyit terlalu banyak bisa membuat mual atau pusing. 

3. Mandi dengan Larutan Anti Gatal

Terdapat beberapa obat alami yang bisa digunakan Ketika mandi. Produk ini bisa membantu mengurangi rasa gatal. Produk ini meliputi oatmeal (khusus untuk mandi) atau 1-2 genggam baking soda. 

4. Gunakan Pelembap yang Mengandung Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan vitamin E yang diperlukan kulit agar tetap sehat. Bahan alami ini juga bisa membantu mengurangi rasa gatal karena biduran. Kamu bisa mengoleskannya secara teratur ke kulit  yang bentol-bentol. Misalnya setelah mandi. 

Obat biduran di apotek

5. Caladine Powder

Bedak ini mengandung camphor, mentol, dan parfum yang memiliki efek untuk meredakan gatal dan menyejukkan kulit. Setelah mandi, taburkan caladine powder secara merata pada kulit yang gatal. Obat biduran ini terdiri dari tiga varian, yaitu original, soft comfort, dan active fresh. Bedak gatal ini juga bisa digunakan untuk mengatasi biduran pada anak-anak. 

6. Caladine Lotion

Obat yang mengandung lotion berwarna pink ini mendung calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine yang bisa memberikan sensasi dingin, meredakan gatal di kulit sekaligus memiliki efek antiseptic.

Sebelum menggunakan caladine lotion, bersihkan area kulit yang gatal. Oleskan caladine lotion 2-4 kali sehari, terutama setelah mandi pada pagi dan sore hari. 

7. Herocyn Bedak Kulit

Herocyn bedak kulit mengandung zinc oxide, balsam peru, sulfur, salicylic acid, camphor dan menthol. Kandungan bahan-bahan aktif tersebut bisa mendinginkan kulit dan meredakan rasa gatal akibat biduran. Selain untuk biduran, bedak ini juga ampuh untuk mengatasi biang keringat. 

8. Ceteme

Ceteme atau CTM merupakan obat tablet dengan kandungan chlorpheniramine untuk mengatasi biduran. Bahan aktif ini bekerja dengan cara menghambat kerja histamin, yaitu zat untuk memicu terjadinya bentol-bentol dan gatal pada biduran. 

Ceteme adalah obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep obat dokter, tetapi dalam jumlah terbatas. Untuk orang dewasa, ceteme bisa dikonsumsi 1 tablet 3-4 kali sehari, sedangkan dosis ceteme untuk anak-anak adalah ¼ - ½ tablet, 3-4 kali sehari. 

Itulah beberapa hal mengenai biduran yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro