Ilustrasi restoran Makbeng
Kuliner

Warung Mak Beng Asal Bali Masuk Peringkat 3 Restoran Legendaris di Dunia

Arlina Laras
Selasa, 27 Juni 2023 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - aasteAtlas, situs perjalanan dan panduan kuliner terkenal telah merilis 150 restoran paling legendaris di dunia tahun 2023. 

Dalam daftar tersebut, Warung Mak Beng, Sanur, Bali menduduki peringkat tiga.

Melalui unggahan di Instagram resmi TasteAtlas Warung Mak Beng terlihat restoran Figmuller di Vienna, Italia menempati posisi pertama dan restoran Katz's Delicatessen di New York pada posisi kedua

"150 restoran paling legendaris: Cita Rasa bukan gimmick, selama beberapa dekade. Ini merupakan 150 hidangan yang harus Anda coba selama hidup," tulis @tasteatlas dalam keterangannya yang dikutip Bisnis pada Selasa, (27/6/2023) 

Warung yang telah sekian lama menjadi ikon kuliner di kawasan tersebut pun telah mengundang rasa penasaran banyak masyarakat, utamanya yang diluar Bali. 

Warung Mak Beng merupakan warung makan sederhana yang didirikan oleh pasangan suami istri, I Putu Gede Wirya dan Ni Ketut Tjuki, yang lebih dikenal dengan sebutan "Mak Beng" pada 1941.

Warung yang sudah berumur 84 tahun ini memang memiliki beberapa keunikan yang membuatnya melegenda di kalangan masyarakat.

Salah satu daya tarik utama Warung Mak Beng adalah soal sambal pedas merah merona yang dipelopori oleh mertua Mak Beng sendiri.

Penggunaan bumbu khas Bali dan rempah-rempah yang dimasak dengan cara tradisional memberikan cita rasa yang unik dan khas.

Keunikan lain dari Warung Mak Beng terletak pada tembok-temboknya yang dipenuhi dengan foto-foto pejabat dan artis ternama yang pernah menikmati hidangan ikan di warung ini. Hal ini mencerminkan betapa populer dan terkenalnya Warung Mak Beng di kalangan berbagai kalangan masyarakat.

Dijalankan oleh Generasi Ketiga

Lokasi Warung Mak Beng yang strategis, yaitu di Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Bali, tepat di tepi Pantai Sanur dekat pintu masuk Pelabuhan Sanur, membuatnya selalu ramai dengan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Meskipun saat ini Warung Mak Beng sudah dikelola oleh generasi ketiga, yakni cucu dari pendiri warung, mereka tetap mempertahankan resep warisan keluarga demi menjaga keaslian dan kelezatan hidangan yang disajikan di Warung Mak Beng.

Hanya Ada Satu Menu

Dalam perjalanan bisnisnya, Warung Mak Beng mendapatkan pengakuan dan pujian dari berbagai kalangan. Bahkan vlogger makanan dan perjalanan terkenal, Mark Wiens, memuji keunikan Warung Mak Beng yang hanya menyajikan satu menu utama sejak awal pendiriannya. 

Meski secara teknis, menurutnya ada tiga menu yang terdiri dari nasi putih, sup kepala ikan, ikan goreng, dan tentu saja sambalnya yang khas, namun ketiga menu tersebut menjadi satu set menu utama yang menggugah selera dan menjadi favorit para pengunjung.

Dengan segala keunikan, cita rasa yang tak tertandingi, dan dedikasi untuk mempertahankan resep warisan keluarga, Warung Mak Beng terus menjadi tempat makan yang melegenda dan menjadi salah satu ikon kuliner di Denpasar, Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro