Olahraga malam/liveyoursport.com
Health

Waktu Terbaik untuk Olahraga, Pagi atau Malam Hari?

Salma Permata Dewi
Minggu, 2 Juli 2023 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perdebatan mengenai waktu berolahraga selalu ada. Padahal, tidak ada waktu yang salah untuk berolahraga. Namun, mungkin, ada beberapa waktu terbaik untuk berolahraga.

Dilansir dari The Washington Post, menurut studi, waktu terbaik untuk berolahraga dapat bergantung pada jenis kelamin dan keinginan dalam membakar lemak.

Penelitian menemukan bahwa bagi wanita, olahraga pagi membakar lemak perut dan meningkatkan tekanan darah lebih baik daripada olahraga di siang hari.

Sementara itu, bagi pria, olahraga malam menyebabkan pembakaran lemak yang lebih besar dan kontrol tekanan darah yang lebih baik. Olahraga malam juga meningkatkan manfaat latihan kekuatan, terutama bagi wanita.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Mei tahun lalu di Frontiers in Physiology meneliti menguji kesehatan, kebugaran, dan kekuatan 56 subjek dan membaginya ke dalam dua kelompok.

Kelompok tersebut dibagi berdasarkan waktu berolahraga, pagi dan malam. Para peneliti menemukan beberapa hal sebagai berikut.

- Bagi wanita, lemak terbakar lebih baik di pagi hari
- Olahraga pagi juga menurunkan tekanan darah pada olahragawan wanita secara signifikan lebih baik daripada olahraga yang sama di malam hari
- Latihan malam oleh wanita dapat meningkatkan kekuatan
- Bagi pria, olahraga malam unggul dalam hal kesehatan. Olahraga malam secara signifikan menurunkan kadar kolesterol
- Tubuh laki-laki yang berolahraga malam membakar sekitar 28 persen lebih banyak lemak selama latihan dibandingkan olahraga pagi
- Setiap saat adalah waktu yang tepat bagi pria untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran

Melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap waktu memiliki keunggulannya masing-masing, Tiap orang bisa memilih waktu berolahraga yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Kami tahu banyak hal yang berubah dari jam ke jam. Beberapa hormon berubah dengan andal. Setiap orang memiliki jam tubuh bawaan,” kata Dr. Steven Feinsilver, direktur pengobatan tidur di Rumah Sakit Lenox Hill di New York seperti yang dilansir dari Healthline.

Berdasarkan hal ini, Feinsilver mengatakan masuk akal bahwa waktu-waktu tertentu mungkin bekerja lebih baik untuk berolahraga. Melakukan olahraga pada saat tubuh tidak terbiasa berpotensi mengganggu ritme alami tubuh. Manusia secara alami diurnal, tetapi banyak juga yang menjadi nokturnal karena urusan pekerjaan atau sulit tidur secara umum.

Untuk mengetahui mana waktu yang lebih tepat untuk Anda berolahraga, berikut adalah keuntungan dan kerugian berolahraga di pagi hari secara umum dilansir dari Cnet.

Keuntungan berolahraga di pagi hari:

1. Dapat membantu membangun rutinitas kebugaran

Orang yang berolahraga di pagi hari seringkali lebih konsisten karena biasanya ada hal-hal yang basa dilakukan saat malam hari. Oleh karena itu, olahraga pagi membuat seseorang jarang melewatkannya.

2. Dapat memperbaiki siklus tidur

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan olahraga pagi dapat mengubah ritme sirkadian sehingga tubuh secara alami lebih terjaga di pagi hari dan lebih lelah di malam hari. Hal ini membuat Anda tertidur lebih awal dan bisa berolahraga di pagi hari lagi.

3. Bisa membakar lebih banyak lemak

Berolahraga dengan perut kosong atau dalam keadaan puasa terbukti membakar lebih banyak lemak daripada berolahraga setelah makan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa "afterburn" bertahan lebih lama saat berolahraga di pagi hari sehingga dapat membantu menurunkan berat badan seiring waktu.

4. Dapat membuat lebih produktif

Penelitian telah menemukan bahwa berolahraga di pagi hari memiliki efek menguntungkan pada tingkat energi, kewaspadaan, fokus, dan pengambilan keputusan. Keuntungan tersebut dapat menjadikan hari kerja yang lebih produktif.

5. Dapat meningkatkan suasana hati sepanjang hari

Olahraga pagi adalah cara yang bagus untuk memulai setiap hari dengan endorfin atau "bahan kimia bahagia" yang diproduksi tubuh. Ini adalah respons terhadap olahraga yang dapat menjaga suasana hati tetap tinggi selama berjam-jam.

Kekurangan berolahraga di pagi hari:

1. Kehabisan bahan bakar

Jika tidak cukup makan pada malam sebelumnya, Anda mungkin akan berjuang melawan rasa lapar yang serius di tengah latihan.

2. Dapat mengganggu tidur nyenyak

Hal ini tergantung dengan siklus tidur Anda. Jika kekurangan tidur, ini dapat menyebabkan inersia tidur atau merasa pening beberapa saat setelah bangun dan kelelahan kronis jika sering terjadi.

3. Performa fisik tidak maksimal

Kebanyakan orang tidak bangun dari tempat tidur dengan perasaan gesit dan bersemangat. Anda mungkin mengalami kekakuan pada persendian dan ketidakfleksibelan sementara.

4. Membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pemanasan

Ada alasan utama mengapa Anda mungkin merasa tidak sekuat atau bertenaga selama latihan pagi, yakni suhu inti tubuh lebih rendah. Hal ini membuat pemanasan menjadi penting untuk olahraga pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro