Sariawan adalah sakit pada area mulut yang bisa menyebabkan bau mulut/North Sydney
Health

Tak Hanya untuk Luka, Povidone Iodine Bisa Bantu Redakan Pilek dan Flu, Begini Cara Pakainya

Mutiara Nabila
Selasa, 11 Juli 2023 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jenis antiseptik povidone iodine selalu tersedia di rumah untuk mengobati luka. Tapi, ternyata ada fungsi lainnya ketika keluarga di rumah mengalami pilek dan flu.

Povidone iodine merupakan antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri, virus dan jamur yang bekerja dengan cara merusak sel kuman, sehingga kuman mati. 

Selain tersedia dalam bentuk cairan luar (untuk kulit), produk povidone iodine juga bisa ditemukan dalam bentuk salep, vaginal douche, obat kumur, dan spray mulut.

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia Anastasia Damayanti menyebutkan povidone iodine (PVPI), atau yang sering dikenal dengan Betadine, memiliki spektrum yang luas, tidak hanya membunuh bakteri, tapi juga virus dan berbagai jenis jamur. 

"Jadi kalau ada keluhan seperti sariawan, karena jamur, pun bisa disembuhkan dengan penggunaan PVPI, seperti Betadine, yang efektif membunuh 305 penyebab infeksi," katanya dalam konferensi pers kampanye Kampanye The Unstoppable Family oleh Betadine di Jakarta, Selasa (11/7/2023). 

Selain untuk luka, povidone iodine bahkan juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri ketika batuk dan pilek. Pasalnya, dokter ahli, dr. Gia Pratama mengatakan umumnya batuk dan pilek merupakan mekanisme untuk mengeluarkan bakteri atau virus dari dalam tubuh. 

Adapun, Cara kerjanya PVPI selain dari spektrumnya yang luas, juga terbukti tidak ada resistensi. 

"Misalnya minum antibiotik tidak habis bisa resistensi, atau kebal terhadap obat. Sementara pakai PVPI terbukti tidak menimbulkan resistensi. Sitotoksisitas rendah dan terbukti mengurangi inflamasi atau peradangan, dan bekerja dengan cepat," imbuh Anastasia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro