Film Oppenheimer tayang di bioskop
Entertainment

Simak Sinopsis Film Oppenheimer, Ahli Fisika yang Kembangkan Senjata Nuklir

Salma Permata Dewi
Kamis, 13 Juli 2023 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Oppenheimer masuk ke nominasi Most Anticipated Film di HCA Award. Film ini baru akan dirilis pada minggu depan (19/7/23).

Film bergenre thriller ini merupakan biografi tentang J. Robert Oppenheimer, seorang ahli fisika teoritis yang membantu mengembangkan senjata nuklir pertama di Proyek Manhattan. Film ini dibuat berdasarkan biografi American Prometheus tahun 2005 oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Oppenheimer diproduseri, disutradarai, dan ditulis oleh Christopher Nolan. Dia sudah banyak berkontribusi pada industri film. Beberapa film yang pernah dipegang olehnya sebagai produser, sutradara, atau penulis adalah Interstellar, Dunkirk, Justice League, Tenet, Inception, dan lain-lain. Dia telah mendapatkan total 237 nominasi dan 145 penghargaan. Lima di antaranya adalah nominasi Oscar.

Film biografi ini akan dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal, seperti Cillian Murphy, Emily Blunt, Robert Downey Jr., Rami Malek, dan Matt Damon. Cillian Murphy akan memerankan tokoh utama Oppenheimer. Dia sudah pernah membintangi film-film terkenal lainnya, seperti Peaky Blinders, A Quiet Place, dan Anna. 

Film ini akan rilis bersamaan dengan film Barbie yang juga dinanti-nanti publik. Barbie didistribusikan oleh Warner Bros, sedangkan film Oppenheimer didistribusikan oleh Universal Pictures. Dilansir dari Screen Rant, Nolan mengungkapkan kekecewaannya terhadap Warner Bros karena tanggal perilisannya yang sama ini. Sementara itu, Cillian Murphy mengatakan akan menonton film pesaing tersebut saat tanggal perilisannya.

"Maksud saya, saya akan melihat Barbie 100%,” kata Murphy. “Saya tidak sabar untuk melihatnya. Saya pikir itu bagus untuk industri dan untuk penonton bahwa kami memiliki dua film luar biasa oleh pembuat film luar biasa yang keluar pada hari yang sama. Anda dapat menghabiskan sepanjang hari di bioskop. Apa yang lebih baik dari itu?"

Dilansir dari GQ, pakaian para pemeran, terutama yang digunakan oleh Murphy dan Downey Jr, menjadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan gaya yang mereka gunakan itu sangat maskulin dengan setelan jas mewah pada zaman itu.

Saat menghadiri acara premiere film ini, mereka berdua menggunakan setelan jas pria dari Prada. Murphy menggunakan jas hitam dengan kemeja berwarna krem dan dasi dengan warna yang senada. Sementara itu, Downey Jr. mengenakan jas hitam dengan kemeja dan dasi berwarna biru dongker.

Film serius bertemakan sains ini menceritakan tentang pria yang memimpin upaya Amerika Serikat untuk mengembangkan bom atom selama Perang Dunia II. Orang itu bernama J. Robert Oppenheimer yang direkrut pada tahun 1942 ke Proyek Manhattan milik pemerintah. Di sana, Oppenheimer memimpin proyek pengembangan bom atom pertama di dunia. Sejak saat itu dia diberikan julukan "Bapak Bom Atom".

Laboratorium itu dikelilingi oleh kehadiran militer dengan tindakan pengamanan yang ketat, tetapi ini semua sia-sia. Salah satu ilmuwan adalah mata-mata Soviet dan dia akhirnya mencuri rencana bom dan memberikannya ke Rusia yang menggunakannya untuk mengembangkan senjata atom mereka sendiri.

Setelah Proyek Manhattan dibubarkan, Oppenheimer merasa ngeri dengan perlombaan senjata nuklir. Dia menjadi anggota terkemuka Komisi Energi Atom Amerika Serikat dan berjuang keras untuk membatasi proliferasi atau perbanyakan nuklir. Karena alasan ini dan lainnya, dia menjadi sasaran Joseph McCarthy dan Komisi Kegiatan Rumah Un-Amerika sebagai simpatisan komunis. Pada 1967, dia meninggal pada usia 62 tahun akibat kanker paru-paru yang disebabkan oleh perokok berat seumur hidup.

Penasaran dengan perjalanan Oppenheimer selama berpartisipasi dalam proyek nuklir? Tonton Oppenheimer di bioskop terdekat pada 19 Juli 2023!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro