Semangka/Istimewa
Health

Buah Semangka Ternyata Bisa Bantu Diet Sehat

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Juli 2023 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian baru mengungkap bahwa buah semangka dapat meningkatkan kualitas diet dan kesehatan jantung dengan meningkatkan asupan nutrisi, termasuk serat, vitamin, dan mineral.

Buah semangka juga bisa mengurangi tambahan gula dan asam lemak jenuh.

Studi lain menunjukkan bahwa suplemen jus semangka dapat melindungi fungsi pembuluh darah, dan menjaga  kesehatan kardio-metabolik.

Dilansir dari scitechdaily, dua studi baru itu mengeksplorasi hubungan antara konsumsi semangka dan kebiasaan makan yang lebih baik pada anak-anak dan orang dewasa, serta dampak jus semangka pada kesehatan kardio-metabolik.

Studi terbaru yang diterbitkan di Nutrients itu, berdasarkan analisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), menemukan bahwa kualitas diet secara signifikan lebih baik pada orang yang mengonsumsi semangka dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Analis riset dan penulis studi tersebut, Kristen Fulgoni, akan mempresentasikan temuan penelitian tersebut pada Nutrition 2023, pertemuan tahunan American Society for Nutrition, yang diadakan pada 22-25 Juli 2023 di Boston.

Selain studi NHANES, studi baru lain yang juga diterbitkan di Nutrients dibangun di atas penelitian sebelumnya di bidang penelitian ini untuk menunjukkan bahwa suplementasi jus semangka melindungi fungsi pembuluh darah selama hiperglikemia.

Dilakukan di Louisiana State University, uji silang acak, double-blind, terkontrol plasebo ini untuk menguji efek dari 2 minggu suplementasi jus semangka setiap hari.

“Kami mengakui bahwa meskipun ukuran sampelnya kecil (18 pria dan wanita muda yang sehat) dan diperlukan lebih banyak penelitian, penelitian ini menambah bukti saat ini yang mendukung asupan semangka secara teratur untuk kesehatan kardio-metabolik. Selain L-citrulline dan L-arginine, semangka merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan lycopene – yang semuanya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan berperan dalam pencegahan penyakit jantung,” ujar Dr. Jack Losso, Ph.D. .D., profesor di Sekolah Nutrisi dan Ilmu Pangan Louisiana State University.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika (DGA) merekomendasikan 1,5 hingga 2,5 cangkir buah setiap hari dan saat ini, orang dewasa dan anak-anak AS gagal mencapai tujuan ini hanya mendapatkan sekitar setengah porsi buah yang direkomendasikan setiap hari.

Semangka adalah buah yang kaya nutrisi dan sumber Vitamin C yang sangat baik (25% DV), sumber Vitamin B6 (8% DV), dan cara yang enak untuk tetap terhidrasi (92% air), dengan hanya 80 kalori per 2 - cangkir saji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro