Donor darah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh /Foto: Istimewa
Health

Ini 9 Manfaat Donor Darah, Cegah Kolesterol dan Kurangi Risiko Kanker

Novita Sari Simamora
Kamis, 20 Juli 2023 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi donor darah tidak hanya bermanfaat bagi yang membutuhkan, pendonor juga mendapatkan manfaat kesehatan yang besar jika rutin mendonorkan darahnya ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Donor darah merupakan kegiatan sosial dengan tujuan membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah. Saat Anda melakukan donor darah, maka Anda juga telah menjaga kesehatan Anda.

Simak 9 manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi penyakit jantung

Dilansir dari EMC, Kamis (20/7/2023), salah satu manfaat kesehatan dari mendonor darah secara teratur adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan mendonorkan darah, otomatis peredaran darah Anda akan menjadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat serta mengurangi penderitaan Anda akibat penyakit jantung.

2. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara rutin akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh, percayakah Anda? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, Anda kehilangan sekitar 650 kalori

3. Mengurangi risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonor darah juga bisa mengurangi risiko kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan tenggorokan

4. Meningkatkan produksi darah

Manfaat mendonor darah secara rutin dapat membantu merangsang produksi sel darah baru. Proses mendonorkan darah akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

5. Pikiran lebih stabil

Tahukah Anda bahwa mendonor darah secara teratur dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Mendonorkan darah dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Aksi donor darah, bisa membuat pikiran lebih bahagia karena bisa membantu orang lain dan berdamai dengan tubuh sendiri sebenarnya bisa meningkatkan kesehatan psikologis.

6. Bagian dari pemeriksaan kesehatan

Mendonorkan darah juga bisa digunakan sebagai tes kesehatan diri. Ketika darah yang Anda miliki dimasukkan ke dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, tim medis akan melihat apakah Anda mengidap penyakit tertentu atau tidak. Karena jika anda negatif terhadap segala macam penyakit, maka darah yang anda miliki dapat disumbangkan kepada yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberi tahu apa yang sebenarnya terjadi.

7. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan yang baik dan prima di usia lanjut ini. Hal ini karena mereka selalu mendonorkan darahnya sejak muda hingga tua

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonor darah secara rutin adalah menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan mendonorkan darah, secara tidak langsung kolesterol dalam darah akan berkurang. Kegiatan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

9. Merawat kesehatan jantung

Kelebihan zat besi tidak hanya berkontribusi pada peningkatan radikal bebas dalam tubuh, tetapi juga mengganggu masalah kesehatan lainnya. Hati merupakan salah satu organ yang fungsinya dapat terganggu ketika tubuh mengandung kadar zat besi yang berlebihan. Kelebihan zat besi ini ternyata bisa memicu beberapa penyakit pada tubuh, salah satunya hepatitis C.

Kegiatan donor darah ini terbukti dapat menurunkan kadar zat besi dalam tubuh. Penurunan kadar zat besi akan membantu menjaga kesehatan hati dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Itulah 9 manfaat donor darah rutin. Tak hanya membantu menyelamatkan nyawa seseorang, ternyata donor darah juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Nah, setelah mengetahui manfaat donor darah, apakah Anda masih ragu untuk melakukannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro