Ilustrasi kolagen
Health

Ini 6 Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh

Novita Sari Simamora
Senin, 13 Maret 2023 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolagen merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi saat menjelang usia 30 tahun atau 40 tahun.

Suplemen kolagen memiliki manfaat dalam rutinitas sehari-hari. Kolagen bisa digunakan menjadi 'perekat' bagi tubuh. Ketika Anda memasukkan peptida kolagen ke dalam makanan Anda, maka tubuh Anda mungkin dapat mengisi kembali nutrisi yang mulai hilang seiring bertambahnya usia dan menjaga kesehatan Anda secara umum.

Simak manfaat kolagen bagi tubuh:

1. Sumber protein yang mudah dicerna

Tubuh bekerja keras untuk mencerna protein dari makanan seperti daging ayam atau sapi. Terkadang, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti bersendawa atau sakit perut setelah makan.

Namun, suplemen kolagen dihidrolisis, yang berarti kolagen bisa dipecah, sehingga protein lebih mudah diserap tubuh Anda. Kolagen bisa membuat protein masuk ke dalam makanan Anda lebih nyaman.

Peptida kolagen dapat larut dalam air berkat proses hidrolisis, sehingga sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam hidangan biasa (seperti air atau smoothie).

2. Dapat membantu mengurangi kerontokan rambut

Banyak pria tidak menganggap serius kolagen sampai mereka mulai menyadari kerontokan rambut. Folikel rambut bisa menjadi lentur dan kuat karena kolagen.

Ada beberapa suplemen kolagen yang tersedia bagi orang-orang yang ingin menjaga kesehatan rambut. Kolagen dapat digunakan untuk memperbaiki kerontokan rambut dan menciptakan helai rambut yang lebih kuat dan indah.

3. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Penggunaan kolagen secara teratur dapat memperbaiki fungsi sendi yang lebih halus, sehingga bisa membuat aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menaiki dan menuruni tangga, berdiri dari posisi duduk, membungkuk, dan menahan beban menjadi lebih mudah.

Selain itu, kolagen bisa membantu mengurangi nyeri terkait osteoarthritis. Kolagen juga telah bisa membantu pemulihan lebih cepat dari cedera olahraga dan mengurangi kemungkinan lebih banyak patah tulang.

4. Mempercepat perbaikan otot

Kolagen bisa membentuk sekitar 75 persen dari tendon dan ligamen Anda. Bila Anda mengonsumsi kolagen dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan atau cedera di masa mendatang. Peradangan yang disebabkan oleh ketegangan akibat angkat berat atau olahraga berdampak tinggi juga berkurang oleh kolagen.

5. Baik bagi kesehatan usus

Anda bisa mempertimbangkan kolagen ke dalam diet Anda jika Anda menderita penyakit radang usus (IBD) atau sindrom usus bocor. Setiap sel di usus Anda didukung oleh kolagen, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi lapisan usus Anda.

6. Mendukung penuaan yang berkualitas

Kolagen bisa berkontribusi untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi penampakan kerutan dan garis halus. Konsumsi kolagen diyakini dapat meningkatkan kapasitas alami tubuh untuk membuat kolagen, yang dapat meningkatkan elastisitas dan meningkatkan anti penuaan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro