Kyoto menjadi destinasi wisata yang cocok untuk traveling dan honeymoon./insidekyoto
Travel

Negara-Negara Terpintar di Dunia

Salma Permata Dewi
Jumat, 28 Juli 2023 - 20:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dibandingkan binatang dan tumbuhan, manusia merupakan makhluk terpintar di dunia. Tingkat kepintaran tiap orang berbeda-beda.

Manusia telah berperan besar dalam aktivitas, teknologi, dan banyak lagi di bumi. Kepintaran merupakan sesuatu yang subjektif dan selalu ada perdebatan mengenainya. Salah satu hal yang dapat dijadikan hasil dari kepintaran adalah temuan.

Namun, dilansir dari Forbes, sebagian besar temuan itu berasal dari beberapa negara besar yang terkenal dengan kepintaran rata-rata warganya. Menentukan negara mana yang paling cerdas di dunia itu sulit karena ada begitu banyak faktor berbeda yang bisa dipertimbangkan.

Faktor-faktor tersebut bisa berupa karya atau IQ rata-rata. Dilansir dari World Population Review, beberapa studi intelijen dunia yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas dilakukan oleh psikolog Inggris Richard Lynn. Dalam studi 2019 berjudul The Intelligence of Nations, Lynn dan David Becker mengukur IQ rata-rata warga negara di 132 negara dan menghitung perkiraan skor untuk 71 lainnya.

Berikut adalah negara-negara terpintar dilihat dari rata-rata IQ-nya.

1. Jepang - 106,49
2. Taiwan - 106,47
3. Singapore - 105,89
4. Hong Kong - 105,37
5. China - 104,10
6. South Korea - 102,35
7. Belarus - 101,60
8. Finlandia - 101,20
9. Liechtenstein - 101,07
10. Belanda & Jerman - 100,74

Adapun catatan negara terpintar dengan menghitung kecerdasan dengan memasukkan beberapa faktor pada 2019. Ini memasukkan jumlah Hadiah Nobel yang telah dimenangkan setiap negara untuk mewakili kecerdasan bersejarah, IQ rata-rata saat ini, dan 'pencapaian pendidikan' untuk mewakili potensi kecerdasan generasi berikutnya.

Asia dan Eropa mendominasi daftar, dengan Jepang menempati posisi teratas. AS berada di urutan keempat dan Eropa memiliki lima negara yang masuk ke dalam sepuluh besar, Swiss di urutan kedua, Belanda di urutan kelima, Rusia di urutan keenam, Belgia di urutan ketujuh , dan Inggris di urutan kedelapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro