Maldives/statedepartment
Travel

10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar, Maldives 100 Persen

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 1 Agustus 2023 - 09:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bumi adalah rumah bagi lebih dari 1,9 miliar Muslim. Islam juga merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Populasi Islam sebagian besar terbagi antara 1,5 miliar Muslim Sunni dan 240-340 juta Muslim Syiah, dengan sisanya tersebar di antara beberapa denominasi yang lebih kecil.

Negara mayoritas Muslim adalah negara yang lebih dari 50% penduduknya beragama Islam. Saat ini ada sekitar 50 negara mayoritas Muslim di dunia, meskipun jumlah pastinya sedikit berbeda tergantung pada sumbernya.

Dalam kebanyakan kasus, ketidakkonsistenan ini dapat dikaitkan dengan salah satu dari dua penyebab. Pertama adalah perkiraan usia, yang relevan karena populasi Muslim di setiap negara cenderung tumbuh, meningkatkan persentase Muslim secara nasional dari waktu ke waktu.

Penyebab kedua adalah bahwa beberapa sumber mencakup berbagai wilayah seperti Sahara Barat atau Palestina, yang terkadang dianggap sebagai negara dan terkadang dianggap sebagai wilayah, dan sumber lain tidak.

Pusat Penelitian Pew mengakui total 50 negara mayoritas Muslim (termasuk wilayah Tepi Barat, Jalur Gaza, Mayotte, dan Sahara Barat di dunia pada tahun 2010.

Tetapi menambahkan Nigeria ke perkiraan tahun 2020 mencapai 51.

Dengan 99,4% Muslim, wilayah yang disengketakan Sahara Barat akan menempati peringkat 8–tetapi karena belum diakui sebagai negara oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, wilayah tersebut didiskualifikasi.

Berdasarkan data dari worldpopulationreview, negara dengan presentase muslim terbesar adalah Maladewa alias Maldives yang 100 persen penduduknya beragama islam.

Berikut 10 Negara Teratas dengan Persentase Muslim Tertinggi 

  1. Maldives - 100%)
  2. Mauritania - 99.9%
  3. Somalia - 99.8% (tie)
  4. Tunisia - 99.8% (tie)
  5. Afghanistan - 99.7% (tie)
  6. Algeria - 99.7% (tie)
  7. Iran - 99.4%
  8. Yemen - 99.2%
  9. Morocco - 99%
  10. Niger - 98.3%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro