Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

10 Makanan untuk Menambah Jumlah ASI

Maretha Uli
Kamis, 3 Agustus 2023 - 09:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan utama bayi yang baru lahir sampai usia dua tahun. Namun, jumlah ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui tidak selalu sama.

Ibu yang stres biasanya menghasilkan sedikit ASI. Kondisi ini umum terjadi tetapi bisa diatasi dengan menjaga pola makanan sang ibu.

Dilansir dari Momjunction, Rabu (3/8/2023), ahli gizi Kristin Gillespie mengatakan bahwa sejumlah makanan bisa meningkatkan jumlah ASI. Nutrisi tertentu bisa menghasilkan senyawa kimia yang merangsang produksi ASI.

Produksi ASI diatur oleh rangsangan hormon prolaktin. Oleh sebab itu, makanan juga bisa memicu produksi hormon prolaktin sangat disarankan untuk meningkatkan jumlah ASI.

Ini bahan makanan alami yang bisa menambah jumlah ASI:

1. Jelai atau barley

Jelai adalah jenis biji-bijian yang kaya serat. Jelai bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin yang merangsang produksi ASI. Jelai bisa ditambahkan ke dalam adonan biskuit atau pancake.


2. Asparagus 

Asparagus mengandung vitamin K, folat, kalsium, dan serat yang baik untuk ibu dan bayi. Asparagus juga mengandung asam amino yang bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin yang merangsang produksi ASI. 


3. Aprikot

Buah aprikot memiliki senyawa bioaktif yang bagus untuk kesehatan. Aprikot juga bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin bagi ibu menyusui. Buah ini bisa dikonsumsi segar atau ditambahkan pada bubur dan sereal.


4. Daging tanpa lemak

Berbagai jenis daging tanpa lemak seperti daging sapi atau ayam bagus untuk ibu menyusui. Ibu harus mengonsumsi protein yang cukup untuk dirinya sendiri dan bayi. Selain itu, protein juga merupakan kandungan utama ASI.


5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli adalah bahan pangan kaya nutrisi, serat, dan senyawa bioaktif. Kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan pemulihan pascapersalinan dan menutrisi ibu dengan baik. Sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang bisa memperbanyak ASI.


6. Biji wijen

Wijen kaya akan protein, kalsium, serat, dan nutrisi lainnya. Kandungan biji wijen bisa meningkatkan kadar prolaktin dan menambah suplai ASI pada ibu menyusui. Biji wijen bisa dikonsumsi dalam salad, roti lapis, dan kudapan lainnya.


7. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin. Selain itu, pepaya mengandung karotenoid yang bisa meningkatkan betakaroten dan vitamin A. Kandungan yang memicu hormon oksitosin juga terdapat di dalam pepaya sehingga bagus untuk ibu menyusui.


8. Oatmeal

Biji-bijian utuh seperti oatmeal mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral. Oatmeal adalah makanan sehat yang kaya nutrisi untuk ibu menyusui. Oatmeal bisa meningkatkan kadar hormon oksitosin yang memicu produksi ASI. 


9. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya dan mudah ditemukan. Kandungan folat, vitamin D, iodin, dan asam lemak omega-3 dalam telur juga baik untuk ibu menyusui dan bayi. 


10. Wortel 

Wortel adalah sayuran kaya vitamin. Wortel mengandung fitoestrogen yang memberikan efek laktogenik pada tanaman akar ini. Wortel bisa dikonsumsi mental sebagai salad atau diolah menjadi sup dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro