Kacang hijau memiliki khasiat bagi kesehatan/Istimewa
Health

15 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Maretha Uli
Kamis, 3 Agustus 2023 - 20:37
Bagikan

8. Detoksifikasi Tubuh

Serat yang banyak di dalam kacang hijau bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dari racun. Kacang hijau juga berperan dalam menjaga kesehatan usus.


9. Mempercepat Pembekuan Darah

Kacang hijau mengandung vitamin K yang salah satu manfaatnya adalah membantu proses pembekuan darah. Pembekuan darah ini diperlukan saat tubuh mengalami luka. Pembekuan darah yang cepat akan mempercepat penutupan luka dan meminimalisasi darah yang keluar.


10. Menjaga Kesehatan Mata

Mata membutuhkan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan untuk mempertahankan daya penglihatan yang baik. Kacang hijau merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata.


11. Menyehatkan Rambut

Meski sedikit, kacang panjang mengandung tembaga dan zat besi. Keduanya berperan dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan menguatkan rambut. 


12. Menguatkan Tulang

Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan alami sumber kalsium. Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Konsumsi kalsium yang cukup bisa mengurangi resiko patah tulang. 


13. Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat

Kandungan zat besi dalam kacang hijau berkhasiat dalam mengangkut oksigen dalam darah dan membawanya ke otak. Suplai oksigen yang cukup pada otak akan mempermudah fokus dan juga meningkatkan daya ingat.


14. Mengontrol Tekanan Darah

Kacang hijau terbukti bisa mengontrol tekanan darah karena mengandung magnesium. Magnesium bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Secara keseluruhan, kandungan ini akan menjaga tekanan darah tetap normal.


15. Antiradikal dan Antivirus

Kacang hijau mengandung vitamin C yang merupakan agen antivirus yang kuat. Selain itu, kacang panjang juga mengandung zat besi yang memiliki kegunaan yang sama. Antioksidan dalam kacang hijau juga berperan dalam mengatasi radikal bebas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro