Richard Mille, salah satu jam tangan mewah yang dikoleksi kolektor
Entertainment

Investasi Lewat Jam Tangan Mewah

Mutiara Nabila
Kamis, 3 Agustus 2023 - 20:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Memiliki hobi bisa memberikan kesenangan bagi seseorang. Lebih senang lagi jika hobinya bisa dikembangkan jadi komunitas yang bahkan bisa jadi menguntungkan.

Seperti kisah pendiri pameran jam tangan mewah, Jakarta Watch Exchange (JWX), Anton yang mengatakan pertama membentuk JWX pada 2022, dan kembali menggelar acaranya pada tahun ini.

"Kami mulai dari hobi, untuk komunitas khususnya luxury watch, memang belum ada. Kami ingin membentuk komunitas, dan market [jam tangan mewah] di Indonesia kayaknya udah terbentuk, jadi kita sepakat untuk bikin acara ini bersama," ujar Anton di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Anton mengatakan, selama ini sebagai pecinta jam tangan kustomer harus beli ke luar negeri. Ketika ada yang jual di Indonesia, harganya tidak jelas dan tidak terjamin keasliannya. Selain itu jika ingin menjual lagi harganya akan jatuh.

"Nah, kami hadir untuk kasih tahu toko itu bener apa nggak, asli apa nggak, range harganya berapa. Jadi mereka yang mau jual juga tetap bisa jual dengan harga yang kompetitif. Kami bisa merekomendasikan harga selama event kalau ada kolektor mau titip jual di sini juga bisa," ungkapnya.

Bisa untuk Investasi

Selain menjadi barang mewah, Anton mengatakan jam tangan mewah juga bisa dijadikan komoditas untuk investasi

"Jadi investasi di jam tangan juga cukup bagus sebenarnya. Kalau beli emas ditaruh aja, kalo beli jam ada kepuasan tersendiri, bisa dipakai juga," imbuh Anton.

Ketika pemilik jam mengetahui seharah pembuatan, atau bahan yang digunakan dalam pembuatan jamnya, harga jam bisa menjadi sangat tinggi. Selain itu, tingkat kelangkaan jam juga menentukan harga jam menjadi tinggi.

"Misalnya ada edisi jam yang hanya 30 buah di seluruh dunia, pasti harganya gila-gilaan. Ada lagi malah hanya 5 buah di dunia. Di JWX ini ada dari merek Richard Mille yang langka, harganya bahkan sudab mencapai Rp7,5 miliar," kata Anton.

Untuk bisa melihat jam-jam mahal ini, bisa mengunjungi pameran JWX 2023. Pameran ini merupakan pameran yang digelar kedua kalinya, setelah pertama kali meluncur pada November 2022 lalu. 

JWX 2023 diadakan di Main Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan pada 3-6 Agustus 2023 pukul 10.00 - 22.00 WIB. Di hari pertamanya dibuka, sudah berhasil menjual jam senilai Rp1,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro