Cara agar tidak candu HP dan berhenti scrolling smartphone
Health

Ini 4 Latihan Meningkatkan Fokus Otak dengan Cepat

Maretha Uli
Senin, 7 Agustus 2023 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang yang distraksi oleh teknologi dan informasi yang berlebihan, ini menyulitkan seseorang untuk fokus. Namun, secara alami otak bisa bekerja untuk fokus pada satu hal.

Selain karena adanya distraksi dari lingkungan sekitar, usia juga mempengaruhi kemampuan fokus seseorang. Semakin tua, kemampuan otak perlahan menurun, seperti daya ingat, dan daya fokus, dilansir dari Harvard Health Publishing (7/8/2023).

Saat kemampuan fokus otak bisa berkurang, ada beberapa cara untuk meningkatkannya kembali. Otak bisa dilatih dengan berbagai cara agar bisa menghindari distraksi dan mempertahankan fokus untuk waktu yang lama. 

Psikoterapis Donald Altman menuliskan dalam Psychology Today (7/8/2023), terdapat 4 latihan mudah untuk melatih fokus Anda. Latihan ini termasuk ke dalam bentuk mindfulness dan  dilakukan untuk menjauhkan pikiran dari distraksi dan menenangkan pikiran Anda.

Metode ini bukan untuk membuat Anda langsung fokus dalam sekejap dan bisa kembali melakukan sesuatu. Ini adalah bentuk latihan untuk otak Anda agar bisa tenang dan fokus setiap waktu. 

1. Jauhkan ponsel dan gangguan lainnya

Dalam latihan fokus ini, langkah pertama adalah menjauhkan sumber distraksi yang sering membuat Anda sulit fokus, seperti ponsel. Gunakan pula ruangan yang hening tanpa gangguan berlebihan.

Dengan latihan ini, Anda diminta untuk mengatur pikiran Anda untuk fokus sejenak. Anda bisa menetapkan waktu satu atau tiga menit. Kuncinya adalah dalam beberapa saat, Anda tidak berinteraksi dengan sumber distraksi.


2. Perhatikan pernapasan Anda

Dalam situasi hening tersebut, perhatikan pernapasan Anda. Cobalah untuk merasakan sensasi setiap tarikan dan helaan napas Anda di sekujur tubuh. 

Perhatikan pergerakan seperti naik dan turunnya bahu Anda, pergerakan dada, atau gerakan hidung. Pilihlah salah satu yang paling Anda rasakan sensasinya.


3. Fokus pada salah satu sensasi di tubuh

Setelah menentukan titik tubuh yang Anda perhatikan, fokuslah untuk merasakan titik tersebut dalam setiap napas Anda. Anda hanya perlu fokus pada itu saja.


4. Secara aktif menghindari distraksi

Dalam beberapa saat Anda fokus tersebut, Anda mungkin akan memiliki suatu pikiran, atau mendengar sesuatu dari kejauhan. Ini adalah hal yang wajar. Dalam benak Anda, Anda bisa menganggap setiap pikiran lain yang muncul sebagai distraksi. 

Setelah menyadari distraksi tersebut, perlahan-lahan alihkan kembali pikiran Anda seperti sebelumnya. Fokuslah kembali pada salah satu titik di tubuh yang memberikan sensasi pernapasan Anda. Cukup lakukan latihan ini dalam beberapa menit saja.

Itu adalah empat langkah mudah melakukan latihan fokus. Setelah melakukan latihan ini, otak Anda akan bisa bertahan untuk fokus lebih lama pada pekerjaan. Jika kemudian Anda kembali tidak fokus, ulangi langkah-langkah di atas. 

Jika tidak memungkinkan untuk membuat ruangan hening, lakukan langkah kedua hingga empat. Kunci dari melatih otak agar bisa fokus adalah mengenali distraksi dan menjauhkan pikiran dari distraksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro