Jogging. /Reuters
Health

Beragam Manfaat Lari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 11 Agustus 2023 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lari menjadi salah satu olahraga murah meriah yang bisa Anda lakukan setiap hari.

Akan tetapi, lari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Berikut sejumlah manfaat lari untuk kesehatan tubuh dan mental Anda

1. Manajemen stres

Lari dapat mengontrol stres dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi ketegangan mental yang ada. Olahraga juga meningkatkan konsentrasi norepinefrin, zat kimia yang membantu memoderasi respons otak terhadap stres.

2. Vitamin D

Berlari di luar pada hari yang cerah membantu tubuh Anda memproduksi vitamin D, nutrisi yang dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami gejala depresi.

3. Pencegahan Penurunan Kognitif

Meskipun lari tidak "menyembuhkan" Alzheimer, lari dapat membantu meningkatkan kemampuan otak untuk meminimalkan dan memperlambat penurunan kognitif yang dimulai setelah usia 45 tahun. Berolahraga, terutama antara usia 25 dan 45 tahun, meningkatkan bahan kimia di otak yang mendukung dan mencegah degenerasi dari hippocampus, bagian penting dari otak untuk memori dan belajar.

4. Kondisi Pikiran Lebih Tenang

Bahan kimia yang dilepaskan selama dan setelah berlari dapat membantu orang yang mengalami kecemasan merasa lebih tenang. Apakah Anda sedang melompat di atas treadmill, trek, jalan setapak, atau trotoar, membuat tubuh Anda bergerak adalah cara yang sehat untuk mengatasi masa-masa sulit.

5. Peningkatan Kekuatan Otak

Latihan kardiovaskular dapat menciptakan sel-sel otak baru dan meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan. Lari yang keras meningkatkan kadar protein yang diturunkan dari otak dalam tubuh, yang diyakini membantu pengambilan keputusan, pemikiran yang lebih tinggi, dan pembelajaran.

6. Membantu pola Tidur

Bagi sebagian orang, lari sedang bisa setara dengan obat tidur, bahkan bagi penderita insomnia. Bergerak sekitar lima hingga enam jam sebelum waktu tidur meningkatkan suhu inti tubuh. Ketika suhu tubuh kembali normal beberapa jam kemudian, ini memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Menyadari pentingnya olahraga lari, Herbalife menggelar event lari Herbalife Run 2023 dengan mengusung tema #25 Years of Inspiring Healthy Life dan menjadi bagian dari peringatan ke-25 tahun Herbalife hadir di Indonesia.

Event ini akan berlangsung secara offline di Aloha, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara pada 24 September 2023.

Herbalife Run 2023 ditargetkan akan diikuti oleh 6.000 peserta dari sejumlah komunitas lari, Member Independen Herbalife dan masyarakat umum. 

Herbalife Run 2023 akan melombakan 5 (lima) kategori yaitu kategori Individu pria dan wanita 21Km, 10Km, 5Km, Fun Walk, dan Kids Run.

Setelah menyelesaikan lomba, peserta akan menerima medali penyelesaian Herbalife Run 2023, menikmati rangkaian produk-produk Herbalife secara gratis, serta melakukan pengukuran indeks tubuh selama acara berlangsung.

Peserta juga dapat bergabung dalam sesi Zumba, menikmati berbagai permainan seru, Photo Booth, Live music, dan berbagai hiburan lainnya yang ditampilkan dalam perayaan Anniversary ke-25 Herbalife.

Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi menyatakan bahwa setelah vakum selama 3 tahun terakhir karena situasi pandemi, Herbalife Run kembali digelar di Indonesia.

“Di tahun ke 25 ini, Herbalife terus berkomitmen untuk merangkul dan mengajak masyarakat agar mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif, serta mendorong komunitas untuk saling mendukung dalam membudayakan aktivitas gaya hidup sehat,” ujarnya.

Juga akan menyelenggarakan program klinik pelatihan lari, yaitu program pelatihan lari intensif dengan komunitas pelari yang akan dipandu oleh Pelatih Lari dan Ahli Nutrisi dari Herbalife untuk mendukung peserta dalam mencapai tujuan lari mereka.

“Kami sangat bersemangat melihat antusiasme dalam acara lari offline pertama kami setelah 3 tahun tidak mengadakan event lari offline. Kami berharap acara ini dapat terus menginspirasi komunitas yang lebih besar serta memberikan pilihan untuk berolahraga sehingga tujuan kami untuk menumbuhkan gaya hidup aktif dan sehat di Indonesia dapat tercapai," tutup Andam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro