/Beragam Mainan Anak-Anak/Jibiphoto
Relationship

Orang Tua Diimbau Beli Hanya Mainan Ber-SNI

Mutiara Nabila
Jumat, 11 Agustus 2023 - 20:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memilah mainan untuk anak-anak terkadang susah susah gampang. Orang tua tentunya ingin memastikan bahwa mainan yang diberikan cukup aman untuk anak. 

Ketua Umum Asosiasi Mainan Indonesia Sutijadi Lukas mengatakan sebelum membeli mainan untuk anak dan perlengkapan bayi itu harus yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Adapun, langkah-langkah pengajuan mainan ber-SNI untuk yang diimpor antara lain dengan mengajukan terlebih dulu ke lembaga sertifikasi. 

Selanjutnya, tim dari laboratorium pengujian akan mengambil sampel barang, dan kalau memenuhi syarat baru bisa keluar SNI-nya. 

"Sistem untuk mainan itu per kelompok, mainan robotik atau elektrik ada kelompoknya. Kalau mainan elektrik ada 10 macam barang misalnya, hanya akan diambil 1 sampel. Kalau dia diuji memenuhi syarat, semuanya akan lolos, tapi kalau 1 nggak lolos, semua nggak akan lolos," jelasnya saat ditemui usai konferensi pers, Jumat (11/8/2023). 

Namun, sistem pengujian ke depannya akan berbeda karena pabrik dari negara pengekspor harus membuat SNI sendiri, dan bukan importirnya. 

"Kalau importir lain mau mengurus barang yang sama dia harus izin dengan importir yang sudah ditunjuk sebagai perwakilan. Ini jadi masalah, tapi belum dilaksanakan," ujarnya. 

Ciri Mainan Ber-SNI

Adapun, SNI wajib ada untuk mainan khusus untuk mainan anak balita 0-5 tahun, mainan dari 14 ke atas tidak harus SNI. Lukas mengatakan, pada setiap kemasan harus ada tulisan SNI, diproduksi oleh siapa, dan lembaga sertifikasinya.

" Kalau tidak ada jangan dibeli," tegasnya. 

Adapun, salah satu "surga" mainan akan segera diadakan dalam pameran International Baby Products & Toys Expo (IBTE 2023), International Gift & Houseware Expo (IGHE 2023), dan International Electronic & Smart Appliances Expo (IEAE 202) 2023. 

Pameran ini akan menampilkan beragam produk, mulai dari perlengkapan bayi, mainan anak-anak, perangkat rumah tangga, hingga barang-barang penting untuk ibu hamil.

Selain itu, berbagai pameran baru menarik lainnya ditambahkan dalam International Baby Products & Toys Expo seperti kembang api, perlengkapan kantor, aksesoris mainan, dan mesin produksi mainan (moulding). 

Acara yang diselenggarakan oleh Chayou Expo dan Peraga Expo ini akan berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Agustus 2023, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. 

"Di pameran ini nanti kita juga akan coba mengedukasi dengan mainan yang sesuai dengan SNI. Di sinilah patokan mainan kita. Jadi yang diproduksi tidak bisa yang abal-abal," ujar Lukas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro