Ilustrasi/Govloop
Health

3 Manfaat Menulis Jurnal Harian untuk Perkembangan Karier

Redaksi
Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menulis jurnal adalah kegiatan yang memberikan dampak positif pada kesehatan mental dan emosional. Aktivitas ini adalah bagian dari proses penyembuhan diri sendiri. 

Dilansir dari laman Harvard Business Review, Rabu (16/8/2023) menulis jurnal dapat mengurangi stres, kecemasan, depresi, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan menyembuhkan trauma. Studi tahun 2019 menemukan bahwa menulis jurnal harian bisa meningkatkan kesehatan emosional dan fisiologis. 

Saat menulis jurnal harian, Anda bisa menjabarkan apa yang terjadi, kegiatan apa yang dilakukan, dan apa yang dirasakan selama satu hari. Selain berdampak pada kesehatan mental dan emosional, menulis jurnal harian juga bisa berdampak pada perkembangan karier.

Simak 3 manfaat menulis jurnal harian untuk perkembangan karier:

1. Meningkatkan fokus

Dengan menulis jurnal, Anda bisa membiasakan diri untuk menuliskan apa tujuan ya diinginkan, mengapa Anda menginginkannya, dan bagaimana cara mencapainya. 

Dengan menuliskan semua hal tersebut, itu akan membantu untuk menentukan target dan mencegah gangguan yang dapat menggagalkan kemajuan Anda.


2. Meningkatkan refleksi diri

Menulis jurnal berarti meluapkan semua emosi dan perasaan ke dalam sebuah tulisan. Dengan menuliskan semua perasaan itu, Anda bisa benar-benar merefleksikan apa yang dirasakan dan benar-benar berpikir sebelum bertindak. 


3. Mengembangkan kecerdasan emosional

Dengan menuangkan pikiran dan emosi Anda ke dalam sebuah tulisan, Anda akan menjadi lebih peka terhadap perasaan dan reaksi Anda sendiri. 

Peningkatan kesadaran ini kemudian akan meningkatkan komunikasi, empati, dan cara pemecahan masalah yang sangat penting untuk kepemimpinan dan kolaborasi yang efektif. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro