Perhatian dari orang tua sangat penting untuk mencegah gangguan kesehatan mental anak dan remaja/The Pharmaceutical Journal
Health

11 Tips yang Dilakukan Orang Bermental Kuat Tiap Harinya

Salma Permata Dewi
Selasa, 1 Agustus 2023 - 21:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang-orang yang bermental kuat memiliki kemampuan untuk mengatasi sesuatu masalah. Biasanya orang tersebut lebih menonjol di tengah masalah.

Dilansir dari Hack Spirit, Selasa (1/8/2023), orang bermental kuat cenderung tetap tenang, berkonsentrasi, dan mampu membuat keputusan cepat ketika menghadapi sebuah tekanan atau masalah. Sebagian orang bermental kuat sejak lahir.

Namun, sebagian orang bermental kuat karena melakukan sesuatu pada dirinya dan menyemangati dirinya sendiri. Mental kuat bisa muncul dari dari latihan fisik, pikiran, atau hal-hal yang mereka lakukan hari demi hari.

Simak contoh hal yang dilakukan orang dengan mental kuat setiap hari:

1. Mempraktikkan self-compassion

Self compassion memerlukan sikap hangat dan pengertian terhadap diri sendiri ketika menderita, gagal, atau merasa tidak mampu daripada mengabaikan rasa sakit atau menyalahkan diri sendiri. Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk melanjutkan hidup.


2. Membiarkan melakukan kesalahan

Orang yang bermental kuat memberi ruang pada dirinya sendiri untuk melakukan kesalahan, terutama saat melakukan sesuatu yang baru dan menantang. Mereka cenderung cepat bertanggung jawab atas kesalahan mereka dan tidak membuang waktu atau energi untuk menyakiti diri sendiri secara emosional dan psikologis dengan merendahkan diri. 


3. Melawan ketakutan

Orang yang kuat secara mental terus melangkah keluar dari zona nyaman. Tanpa menghadapinya, ketakutan itu akan menjadi lebih besar. Jadi alih-alih menghindari, lebih baik mengambil tindakan baik untuk menghadapinya secara sadar.


4. Mengembangkan selera humor

Mengembangkan selera humor memungkinkan diri untuk melihat kehidupan melalui perspektif yang santai dan optimis. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti bertukar lelucon dengan teman dan keluarga.


5. Menggunakan kasih sayang sebagai motivasi

Orang-orang yang kuat secara mental cenderung hidup dengan kepedulian untuk diri sendiri, orang lain, dan dunia di sekitar mereka. Dengan berfokus pada orang lain, bukan hanya pada diri sendiri, orang yang kuat secara mental menjadi semakin kuat dari hari ke hari karena mereka memiliki tujuan yang lebih besar.


6. Menghargai dan mengucapkan terima kasih

Orang bermental kuat hidup dengan perspektif rasa syukur dan penghargaan terhadap orang-orang di sekitarnya. Mereka berterima kasih bahkan untuk bantuan terkecil. Mereka juga mungkin mengucapkan 'terima kasih' yang tulus dengan cara yang berbeda.


7. Mengingat prioritas

Orang yang kuat secara mental tetap fokus dengan mengingat prioritas mereka. Jika prioritas Anda adalah keluarga, mungkin saat berlibur, Anda akan menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khusus untuk keluarga di rumah dan menyempatkan diri untuk mengabari. Kemudian, saat bekerja, Anda akan menyeimbangkan keinginan mereka untuk sukses dengan menghabiskan waktu bersama keluarga.


8. Me-Time

Meluangkan waktu sendirian atau me-time adalah hal yang penting untuk membangun mental yang kuat. Ini bisa membantu Anda mendengar pikiran sendiri, merasakan melalui kebutuhan sendiri, dan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.


9. Membangun koneksi

Orang bermental kuat fokus pada kualitas dibandingkan kuantitas. Koneksi yang dibangun menciptakan lingkaran positif di sekitar dan dapat mencegah dari perasaan terasing, cemas, dan depresi.


10. Meminta dukungan dan bantuan

Hal ini justru cenderung dilakukan oleh orang-orang bermental kuat. Selain memperkuat hubungan sosial, Anda bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas dengan wawasan dan ide segar dari bantuan orang lain.


11. Tahu batas

Orang yang kuat secara mental melacak kesejahteraan hidup, batas, zona pertumbuhan, dan kekuatan. Mereka juga tahu bagaimana mengatakan tidak ketika telah mencapai batasnya. Perawatan diri adalah suatu keharusan untuk menjadi kuat secara mental dan menetapkan batasan jelas merupakan bentuk perawatan diri terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro