Ilustrasi migrain atau sakit kepala/mims.com
Health

Ini Penyebab Perempuan Lebih Sering Kena Migrain daripada Pria

Redaksi
Kamis, 17 Agustus 2023 - 03:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Migrain bukan sekedar sakit kepala biasa, tetapi beriringan dengan denyut yang menyakitkan disatu sisi kepala.

Migrain pada umunya dirasakan pria, wanita dan anak-anak. Namun penyakit ini lebih sering dirasakan oleh wanita.

UCLA Health ( 16/08/2023) menulis, 18-25 % wanita didunia menderita migrain, artinya migrain menjadi salah satu penyakit yang sering diderita oleh wanita.

Migran disebabkan oleh penyempitan dan pelebaran pembuluh darah. Teknik neuroimaging menunjukan bahwa migrain dimulai sebagai masalah rangsangan otak.

Selain merasakan denyut menyakitkan pada satu sisi kepala, migrain juga dapat menyebabkan mual dan muntah, gangguan penglihatan, kepekaan terhadap cahaya, suara, dan aroma.

Kerentanan terhadap migrain biasanya dipengaruhi oleh gen, hormon dan pemicu lingkungan seperti stres, pola makan, dan perubahan pola tidur. Khusus pada wanita migrain biasanya lebih sering disebabkan karena siklus mentruasi.

Dikutip dari ETimes, menurut Dr. Sonia Lal Gupta, Direktur – Metro Group of Hospitals, Konsultan Senior, Ahli Saraf (Spesialis Stroke & Sakit Kepala), hormon terutama estrogen, memainkan peran penting dalam penyebaran migrain.

Wanita lebih rentan karena pola siklus menstruasi, perubahan yang terjadi selama kehamilan, dan fase transisi menopause.

Perubahan kadar estrogen, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause, dapat memicu, atau memperburuk migrain pada beberapa wanita.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki ambang rasa sakit yang lebih rendah dan sensitivitas yang lebih tinggi terhadap rasa sakit daripada pria.

Sensitivitas yang meningkat ini memiliki potensi berkontribusi pada peningkatan frekuensi migrain pada wanita. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro