Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi/Freepik
Health

6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Berat Badan

Redaksi
Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari. Dengan perpaduan rasa pahit dan manis yang khas, minuman berkafein ini digemari mulai dari remaja hingga lansia.

Kopi dikenal akan khasiatnya untuk melawan rasa kantuk sekaligus penambah energi. Namun, tak hanya sebatas pada dua hal tersebut, kopi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan jumlah yang pas.

Jika Anda termasuk salah satu penggemar dari minuman ini, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi kopi untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan energi

Kopi mengandung kafein, stimulan yang telah terbukti dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan dengan mengubah tingkat neurotransmitter di otak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021 dalam jurnal American Heart Association Circulation: Heart Failure, mengonsumsi satu cangkir atau lebih kopi setiap hari dalam jangka panjang dapat menurunkan risiko penyakit gagal jantung.

Mengutip laman Havard School of Public Health, Minggu (20/8/2023), meminum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

3. Menstabilkan berat badan

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk menjaga berat badan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Selain membantu menjaga berat badan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

5. Mengurangi risiko melanoma

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute menemukan bahwa mereka yang minum empat cangkir kopi berkafein atau lebih setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena melanoma dibandingkan mereka yang minum kopi tanpa kafein atau tidak minum kopi.

6. Memperlambat atau mencegah demensia

Kafein yang terdapat di dalam kopi memberikan efek positif terhadap otak, di antaranya membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, hingga menurunkan risiko depresi.

Mengonsumsi kopi secara rutin dengan jumlah yang pas dapat membantu mengurangi risiko penurunan fungsi otak. Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, mereka yang kadar kafein dalam darahnya setara dengan sekitar tiga cangkir kopi, jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami demensia dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi sedikit atau bahkan tidak sama sekali. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro