Ilustrasi/fitnessformen.co.id
Health

Deretan Makanan Cegah Perut Buncit, untuk Orang Usia di Atas 40 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Agustus 2023 - 15:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menginjak usia 40 tahun, metabolisme tubuh akan semakin berkurang, selain juga muncul kerutan dimana-mana.

Selain itu, berat badan juga cenderung naik karena untuk menurunkannya cenderung lebih sulit.

Termasuk juga lingkar pinggang Anda yang akan bertambah besar alias perut buncit.

Banyak orang yang berusaha mengecilkan perut buncitnya dengan beragam cara mulai dari diet hingga olahraga.

Mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut beberapa makanan yang bisa bantu kecilkan perut buncit dilansir dari Eat This

1. Bluberi

Satu cangkir blueberry hanya menyediakan 80 kalori dan 4 gram serat yang mengenyangkan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Blueberry juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, dan mangan serta antosianin (sejenis fitonutrien).

Ditambah lagi, penelitian menunjukkan betapa bermanfaatnya makan blueberry. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Scientific Reports mengungkapkan bahwa mengonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari selama total 14 hari sebelum dan selama empat hari setelah latihan eksentrik selama 90 menit (seperti lari menuruni bukit) membantu peradangan pada orang dewasa yang biasanya berolahraga. kurang dari tiga kali seminggu.

2. Jamur

Jamur adalah sumber serat yang kaya dan rendah kalori, yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membantu pengelolaan berat badan..

Menurut uji klinis selama satu tahun, peserta yang menjalani pola makan padat jamur mengalami penurunan berat badan lebih banyak (tujuh pon) dan mencapai BMI dan lingkar pinggang yang lebih rendah.

Selain itu, setelah menurunkan berat badan, para peserta ini berhasil mempertahankan berat badan barunya.

3. Protein Tanpa Lemak

Mengonsumsi makanan seperti ikan dan ayam adalah cara terbaik untuk menambahkan lebih banyak protein tanpa lemak ke dalam makanan Anda tanpa jumlah kalori tinggi yang didapat dari daging lainnya.

Protein sangat penting dalam diet—terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Saat Anda makan dengan defisit kalori, Anda tidak hanya kehilangan sebagian lemak—Anda juga kehilangan otot. Melakukan latihan kekuatan dan menjalani diet tinggi protein adalah cara untuk meminimalkan jumlah otot yang hilang.

4. Gandum

Salah satu makanan perut rata terbaik yang direkomendasikan adalah semangkuk oat yang lezat. Oatmeal kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan protein, katanya.

Mungkin yang paling membantu dalam perjalanan penurunan berat badan adalah kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama di siang hari.

5. Lemak Sehat

Anda mungkin langsung menghindar ketika mendengar kata "lemak" selama perjalanan penurunan berat badan Anda, namun bahkan ketika Anda mencoba menghilangkan lemak perut, tetap penting untuk memasukkan sedikit lemak ke dalam makanan Anda.

Hal ini terutama berlaku jika menyangkut lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

Alpukat adalah salah satu makanan yang kaya akan lemak sehat dan mudah dipadukan dengan salad atau irisan dan ditaruh di atas sepotong roti gandum.

6. Wortel & Seledri

Terakhir, jika Anda ingin perut rata setelah usia 40 tahun, makanlah banyak wortel dan seledri atau sayuran segar lainnya.

Wortel dan seledri adalah makanan ringan enak yang rendah kalori dan tinggi serat, membuat Anda kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro