Catat, Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Obat - Unsplash
Health

Catat! Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Obat dan Cepat

Nuraini
Senin, 2 Januari 2023 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut buncit menjadi salah satu permasalahan yang membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Tapi tak perlu khawatir, karena sudah ada banyak pilihan cara mengecilkan perut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara mengecilkan perut yang buncit. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

Salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit yaitu dengan melakukan olahraga rutin. Dikutip dari Alodokter, beberapa kegiatan olahraga yang diketahui bisa mengecilkan perut buncit.

1. High intensity interval training

HIIT atau high intensity interval training adalah latihan singkat yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan intensitas rendah dan waktu untuk istirahat.

Contohnya, 30 detik gerakan lompat jongkok, 30 detik istirahat, dan 30 detik jalan kaki. Beberapa kegiatan HIIT yang bisa dilakukan, antara lain: push up, high knees, dan lain sebagainya.

2. Aerobik

Cara mengecilkan perut secara alami juga bisa dilakukan rutin melakukan latihan aerobik minimal 30 menit setiap hari. Kegiatan ini diketahui bisa mengurangi lemak perut.

3. Latihan perut

Cara olahraga mengecilkan perut selanjutnya yaitu melatih otot perut. Kegiatan latihan perut berguna untuk membakar lemak di area perut dan pinggang.

Selain itu, bentuk olahraga fisik ini juga berguna untuk mengencangkan perut dan membuatnya terlihat rata. Kegiatan latihan perut, antara lain; plank, abdominal crunch, leg lift, dan lain sebagainya.

4. Latihan beban

Meskipun bukan cara mengecilkan perut dalam seminggu, latihan beban dipercaya bisa mengecilkan perut yang buncit. Latihan beban akan membuat massa otot meningkat dan lemak berkurang.

Selain itu, metabolisme tubuh juga akan meningkat. Contoh kegiatan latihan beban yang bisa dilakukan, antara lain; bicep curls, lunges, squats, dan lain-lain.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Selain dengan melakukan latihan fisik, terdapat beberapa cara lain untuk mengecilkan perut yang buncit. Menurut keterangan di Halodoc, berikut ini cara mengecilkan perut buncit pada wanita maupun pria tanpa olahraga.

1. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein

Memperbanyak asupan makanan kaya protein dan serat ternyata bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara alami bagi wanita maupun laki-laki. Beberapa contoh makanan yang tinggi protein, antara lain; daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, dan ikan. Sementara itu, makanan yang tinggi serat, seperti; oatmeal, alpukat, mangga, dan lain sebagainya.

2. Kurangi makanan dan minuman manis

Cara mengecilkan lemak perut berikutnya yaitu dengan mengurangi makanan maupun minuman yang rasanya manis. Makanan maupun minuman yang memiliki rasa manis berisi menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, hingga diabetes tipe dua. Jika ingin mengkonsumsi makanan atau minuman manis sebaiknya gunakan gula alami dan jumlahnya juga sebaiknya dibatasi.

3. Mengurangi asupan karbohidrat

Selain membatasi makanan dan minuman manis, cara cepat mengecilkan perut selanjutnya yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan yang terbuat dari tepung atau makanan cepat saji.

Hal tersebut dikarenakan karbohidrat sederhana bisa meningkatkan timbunan lemak di perut. Lebih baik mengonsumsi makanan dari karbohidrat kompleks dan imbangi dengan minum air putih yang cukup, serta mengurangi makanan tinggi garam.

4. Istirahat yang cukup

Cara mengecilkan perut secara alami lainnya yaitu dengan beristirahat cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap malam. Jam tidur yang kurang dari 6 jam atau lebih dari 7 jam per hari, diketahui bisa menyebabkan penumpukan lemak pada perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro