Blue Zones
Travel

Blue Zones, 5 Tempat Dimana Orang-orang Berumur Panjang dan Rahasianya

Redaksi
Minggu, 27 Agustus 2023 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah kamu mengenai zona biru? Dikutip Health Line ( 27/8/2023) zona biru adalah wilayah geografis dengan tingkat penyakit kronis yang lebih rendah dan harapan hidup yang lebih panjang.

Pola makan, puasa, dan olahraga merupakan faktor yang berhubungan dengan Zona Biru.

Italia, Yunani, Jepang, Kosta Rika, dan AS digolongkan dalam daerah zona biru.

Kelima daerah itu yakni sebagai berikut

  • Sardinia, Italia – rumah bagi pria dengan umur terpanjang di dunia
  • Okinawa, Jepang – rumah bagi wanita dengan umur terpanjang di dunia
  • Loma Linda, California – Komunitas yang hidup satu dekade lebih lama dari rata-rata orang Amerika
  • Ikaria, Yunani – komunitas pulau kecil dengan tingkat penyakit kronis umum yang berkurang secara signifikan
  • Nicoya, Kosta Rika – wilayah di mana penduduknya dua kali lebih mungkin mencapai usia 90 tahun dibandingkan orang Amerika

Kebiasaan dan pola hidup pada zona biru menjadi contoh yang tentunya harus diikuti oleh semua orang jika ingin lebih sehat dan umur yang panjang.

Dilansir Houston Methodist ( 27/8/2023) ini sembilan prinsip sehat yang menjadi alasan kehidupan di zona biru lebih lama.

1. Jangan Malas Untuk Bergerak

Biasakan hidup sehat dengan bergerak, kamu bisa berolahraga ringan seperti yoga, joging, berenang atau hanya sekedar berjalan. Hindari terlalu sering menggunakan kendaraan untuk jarak yang relatif dekat.

2. Mengetahui Tujuan

Setiap orang harus mempunyai prinsip dimana dan kemana ia berproses. Kamu harus sudah tahu tujuan kamu kedepannya sehingga proses yang kamu lakukan tepat dan tidak menimbulkan depresi nantinya.

3. Memprioritaskan Menghilangkan Stres

Lakukan hal-hal yang menyenangkan namun tidak menekan segala aspek dalam hidup kamu. Jangan biarkan kamu stres dengan hal apapun, karena stres atau depres bisa dengan cepat berdampak buruk. Jika kamu mengalam stres, carilah cara untuk menghilangkan stres, entah itu dengan berdoa, tidur siang, atau sekadar berkumpul dengan teman.

4. Makan Sampai Kenyang Sekitar 80%

Jangan biarkan perut kamu kelaparan. Pola makan juga perlu dijaga untuk menampung energi menjalani aktivitas setiap harinya. Namun kamu juga tidak boleh terlalu kenyang, jika kamu sudah merasa kenyang sekitar 80%, maka berhentilah untuk makan saat itu.

5. Makan Sebagian Besar Pola Makan Nabati

Perhatikan pola makan dan biasakan makan makan nabati atau yang berasal dari tumbuhan, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan hewani juga dapat membahayakan tubuh.

6. Minum Alkohol Secukupnya

Tidak boleh menjadikan minuman alkohol sebagai kesukaan yang harus dikonsumsi dalam waktu yang terus menerus. Biasakan lebih banyak mengkonsumsi air atau minum yang mengandung vitamin.

7. Terhubung dengan Komunitas

Cobalah untuk mengikat komunitas-komunitas yang berkualitas untuk saling mendukung progres dan kemampuan yang kamu miliki. Entah itu adalah komunitas sosial atau komunitas keagamaan.

8. Mendahulukan Keluarga

Selalu menyimpan rasa sayang kepada keluarga. Tetap bangun komunikasi yang baik dan hubungan yang baik dengan keluarga. Kamu harus bisa mendahulukan keluarga ketimbang dirimu sendiri atau pihak lain dalam hal apapun itu.

9. Memilih Kalangan Sosial yang Mendukung Perilaku Sehat

Berusahalah untuk memilah lingkungan sosial yang mendukung perilaku sehat. Selalu ikuti perilaku yang sehat dan minimalisir perilaku yang kurang sehat.

Untuk sebagian besar orang, mengubah prinsip yang biasa dilakukan dengan prinsip yang direkomendasikan zona biru mungkin sangat sulit. Namun perlahan-lahan jika kamu ingin mencapai harapan untuk hidup sehat dan berumur panjang, kamu pasti bisa melakukannya. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro