Kaca mata hitam/Istimewa
Health

10 Tips Meningkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 - 16:20
Bagikan

6. Jangan Merokok

Merokok sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan dalam penglihatan, rokok dapat meningkatkan risiko katarak. Perokok memiliki peluang lebih besar terkena katarak dan AMD. Oleh karena itu berhentilah merokok jika kamu peduli terhadap tubuh dan kesehatan mata.

7. Mengkonsumsi Makanan yang Seimbang

Makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mata seperti makanan yang kaya vitamin A, C dan E, beta-karoten, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin dan zinc yang dapat membantu pertumbuhan sel, menurunkan peradangan jaringan mata dan membatasi radikal bebas yang dapat merusak mata.

Demi mendapatkan nutrisi yang tepat untuk mata, makanan yang dikonsumsi harus seimbang dengan memasukkan beberapa makanan berikut ke dalam pola makan rutin yang direkomendasikan oleh AAO:

• Vitamin A dan beta-karoten: Aprikot, wortel, melon, ubi jalar, paprika merah, keju ricotta, mangga

• Vitamin C: Grapefruit, jeruk, lemon, jeruk keprok, persik, stroberi, tomat, paprika merah

• Vitamin E: Alpukat, almond, selai kacang, bibit gandum, biji bunga matahari

• Omega-3: Halibut, sarden, salmon, tuna, trout

• Lutein dan Zeaxanthin: sawi, brokoli, telur, kacang polong, kangkung, bayam, selada romaine, lobak hijau

• Sinc : Kacang lima, kacang merah, kacang polong, daging merah tanpa lemak, tiram, sereal yang diperkaya, unggas


8. Hindari Menggosok Mata

Menggosok mata dapat menyebabkan kerusakan mata atau infeksi. Mata kering dan ketegangan mata dapat membuat kamu ingin menggosok mata, dan beberapa orang mungkin menggosoknya terlalu banyak atau terlalu keras.

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan berkurang atau kabur, sakit kepala, peradangan, sensitivitas mata dan cahaya. Alasan lain untuk menghindari menggosok mata adalah karena bakteri atau virus di jari atau tangan  dapat menyebabkan konjungtivitis yang biasa disebut mata merah. 


9. Jaga Kebersihan Tangan (Cuci Tangan)

Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh wajah tau mata dan memegang lensa kontak. Kuman yang berada pada tangan bisa saja terkontaminasi pada mata menyebabkan infeksi dan menyebabkan kerusakan kornea.


10. Hapus Riasan Wajah

Menghapus riasan wajah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan wajah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Dengan menghapus riasan wajah sebelum tidur atau setelah melakukan hal yang mengharuskan kami merias wajah, dapat menurunkan risiko blepharitis atau peradangan kelopak mata.

Hindari riasan yang harus berkontak langsung dengan mata, cobalah untuk memperhatikan kandungan produk riasan yang baik bagi kesehatan kulit dan mata. (Maria Elfika Simplisia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro