Kenali pertemanan yang fake dan toxic/Hercampus
Health

Tanda-Tanda Teman Fake dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fake friend atau teman palsu bukan merupakan teman palsu yang tidak nyata secara harfiah. Teman palsu biasanya berkaitan dengan hubungan emosional.

Teman palsu adalah orang yang seolah-olah berteman dengan Anda, tetapi sebenarnya mereka tidak memiliki niat baik atau tulus terhadap Anda. Tidak hanya terjebak dalam hubungan romantis yang tidak sehat, persahabatan juga ada yang beracun.

Dilansir dari Mind Body Green, Senin (28/8/2023), dijelaskan oleh terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Tiana Leeds, "Persahabatan yang berkualitas mencakup dukungan, kesetiaan, dan kedekatan. Tiga hal yang tidak dapat Anda temukan dalam diri teman palsu."

Psikoterapis Annette Nuñez juga menambahkan bahwa teman palsu biasanya menginginkan sesuatu dari Anda, tetapi tidak memberikan imbalan apa pun. Mudahnya, Anda yang membawa persahabatan sedangkan teman palsu itu tidak. Teman palsu tidak memikirkan kepentingan terbaik Anda.

Dilansir dari Health Shots, psikolog klinis yang berbasis di Gurugram, Aishwarya Raj mengatakan bahwa mereka mungkin tidak tulus, oportunis, atau hanya tertarik pada apa yang bisa mereka peroleh dari hubungan tersebut.

Sebuah penelitian pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships menunjukkan bahwa jika menyangkut kebahagiaan dan kesehatan orang lanjut usia, persahabatan mungkin lebih penting daripada hubungan dengan anggota keluarga.

Namun, untuk menjadi sehat dan bahagia, Anda perlu dikelilingi oleh teman-teman yang tulus dan bukan mereka yang berpura-pura peduli pada Anda. Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi ada tanda-tanda mengenali teman palsu.

Berikut adalah tanda-tanda mengenali teman palsu tersebut:

1. Kurangnya minat yang tulus

Teman palsu menunjukkan sedikit ketertarikan pada hidup, perasaan, atau kekhawatiran Anda. Seringkali mereka hanya membicarakan diri mereka sendiri. Jadi, bagi mereka ini hanya tentang dirinya. Mungkin dia tidak mengenal diri Anda layaknya teman pada umumnya.


2. Komunikasi yang tidak konsisten

Teman palsu mungkin hanya bersikap baik atau ramah ketika mereka butuh sesuatu dari Anda. Mereka mungkin tidak konsisten dalam perilaku dan perhatian mereka terhadap Anda. Ketika Anda membutuhkan dukungan, mereka tidak akan menerima panggilan atau membalas pesan. 


3. Dukungan bersyarat

Teman palsu hanya akan mendukung jika hal itu menguntungkan mereka. Namun, mereka tidak akan hadir saat Anda menghadapi tantangan atau kesulitan.


4. Energi negatif

Teman palsu mungkin membawa hal-hal negatif, drama, atau kritik ke dalam hidup Anda, bukannya hal-hal positif. Teman palsu mungkin cenderung menghakimi atau memberikan kritik yang tidak sehat. Mereka mungkin tidak mendukung keputusan atau pilihan Anda.


5. Kecemburuan atau persaingan

Alih-alih merasa bahagia dan merayakan kesuksesan Anda, teman palsu mungkin merasa cemburu. Mereka bisa saja mencoba menjatuhkan atau meremehkan pencapaian Anda. 


6. Pengkhianatan terhadap kepercayaan

Teman palsu mungkin membagikan rahasia Anda kepada orang lain meskipun Anda melarangnya. Mereka mungkin berbicara di belakang atau merusak kepercayaan Anda.


7. Kurangnya usaha

Mereka menghindari upaya untuk mempertahankan persahabatan, sering membatalkan rencana, atau memprioritaskan orang lain daripada Anda. Hubungan dengan teman palsu mungkin terasa datar dan tidak ada rasa kebersamaan yang sejati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro