Buah melon/
Health

Ini 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 29 Agustus 2023 - 21:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah melon adalah buah yang populer dan enak yang biasanya memiliki daging berair, manis, dan segar. Melon umumnya memiliki kulit yang tipis dan berwarna hijau atau oranye.

Buah ini banyak dikonsumsi langsung sebagai buah segar yang sering digunakan dalam hidangan penutup, salad, atau minuman berbasis buah, seperti jus. Dilansir dari Health, melon merupakan bagian dari famili tumbuhan Cucurbitaceae, seperti labu dan mentimun.

Ada banyak jenis melon berbeda yang tumbuh secara global, termasuk pare yang mirip labu dari India dan melon kenari manis yang ditanam di Asia dan Afrika.

Meskipun setiap jenis melon menawarkan profil nutrisi yang sedikit berbeda, setiap varietas melon menghidrasi dan kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Melon adalah sumber yang baik untuk hidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Mereka juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, dan kalium.

Berikut adalah manfaat-manfaat melon bagi kesehatan:

1. Sumber antioksidan

Melon adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Asupan lebih banyak makanan kaya antioksidan telah dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan kanker. Setiap jenis melon memberikan profil antioksidan yang berbeda. 


2. Sumber hidrasi

Sekitar 20% kebutuhan hidrasi kita dipenuhi melalui makanan, bukan air yang kita minum. Buah melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas atau setelah beraktivitas fisik.

Tetap terhidrasi dengan cukup dapat membantu menjaga tingkat energi yang stabil, pergerakan usus yang teratur, dan sendi yang dapat digerakkan dan dilumasi. Mengonsumsi cairan yang cukup juga penting untuk mencegah kondisi seperti batu ginjal.


3. Mendukung kesehatan kekebalan tubuh 

Melon merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C khususnya mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan merangsang produksi sel darah putih dan meningkatkan aksinya melawan penjajah asing.

Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin C dikaitkan dengan kerentanan yang lebih besar terhadap penyakit dan infeksi. Satu cangkir melon potong dadu memenuhi 65% kebutuhan vitamin C harian Anda. 


4. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada melon sangat penting untuk kesehatan dan kulit bercahaya. Vitamin C membantu produksi protein paling melimpah di tubuh, yakni kolagen. Kolagen mendukung elastisitas kulit dan juga membantu penyembuhan luka.

Saat terluka, protein seperti kolagen bertanggung jawab untuk merombak jaringan di lokasi luka. Seiring bertambahnya usia, penurunan simpanan kolagen berkontribusi pada pembentukan kerutan. 


5. Mendukung kesehatan mata

Buah melon mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, terutama dalam menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata seperti degenerasi makula.


6. Mendukung fungsi jantung

Kalium dalam buah melon dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal. Ini dapat mendukung kesehatan jantung.


7. Membuat pencernaan lebih sehat

Serat dalam melon membantu meningkatkan pencernaan dengan mendorong pergerakan usus yang sehat. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.


8. Mendukung penurunan berat badan

Kandungan kalori rendah dan kandungan air yang tinggi dalam melon membuatnya menjadi makanan yang cocok dalam program penurunan berat badan. Serat juga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro