Buah melon/
Health

Tips Sehat, 10 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Redaksi
Selasa, 7 Mei 2024 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat di Indonesia siap-siap menyambut musim panas. Saat pergantian musim, maka masyarakat wajib mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar terhindar dari penyakit.

Musim panas yang terjadi saat ini, disertai dengan gelombang panas yang dapat mengancam kesehatan banyak orang. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya beberapa penyakit, seperti masalah pernapasan, kerusakan pada kulit, hingga dehidrasi pada tubuh.

Dilansir dari pharmeasy.in dan eatingwell.com, Selasa (7/5/2024) tubuh membutuhkan asupan makanan yang dapat memelihara serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Simak 10 jenis makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat musim panas:

1. Melon

Melon merupakan salah satu buah dengan kandungan mineral yang cukup tinggi. Saat musim panas, melon dijadikan sebagai alternatif makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi setiap hari. Kandungan mineral yang tinggi, mampu mengatasi masalah dehidrasi dan meningkatkan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

2. Mangga

Mangga merupakan salah satu makanan alternatif yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Makanan ini dapat dikonsumsi secara langsung, untuk memberikan sensasi segar saat musim panas. Anda dapat mengonsumsi mangga sebagai obat alternatif yang mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan energi, dan menghindari rasa panas dalam tubuh.

3. Buttermilk

Buttermilk merupakan produk olahan susu yang dibuat secara fermentasi. Olahan susu ini dibuat menjadi minuman, yang berasal dari sisa-sisa cairan pada pembuatan mentega. Di India dan negara Asia lainnya, buttermilk dikonsumsi untuk meningkatkan stamina dan mencegah dehidrasi selama musim panas.

4. Lemon

Lemon merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C berperan untuk melindungi dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Anda dapat mengonsumsinya dengan cara, menambahkan perasan lemon ke dalam air hangat. Sari lemon alami tersebut dapat dikonsumsi setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.


5. Timun

Timun merupakan jenis sayuran yang memiliki sensasi rasa yang segar. Sayur tersebut cocok dikonsumsi saat musim panas, dengan tambahan sayur segar maupun sebagai bahan minuman. Konsumsi timun setiap hari mampu mengatasi panas dalam pada tubuh, dan menghindari dehidrasi secara akut.

6. Jagung

Jagung merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Anda dapat mengonsumsi jagung dengan cara direbus, kukus, ataupun diolah menjadi menu lain yang dimasak secara sehat. Hindari proses memasak yang dilakukan dengan cara dibakar, untuk menjaga kualitas nutrisi pada jagung.

7. Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam 1 ekor ikan, mengandung asam lemak yang baik untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, dan membuat perut terasa lebih kenyang. Makanan ini cocok dikonsumsi saat musim panas, apabila Anda tidak mampu untuk berbelanja bahan pokok di luar rumah.

8. Kelapa

Kelapa merupakan salah satu jenis makanan dan minuman, yang memiliki segudang manfaat. Konsumsi air kelapa dapat mengatasi masalah dehidrasi pada tubuh.

Tak hanya air, daging kelapa diperkaya dengan kandungan antioksidan yang dapat menjaga dan memelihara sistem kekebalan tubuh manusia.

9. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Makanan ini mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk menghilangkan racun, dan rasa panas dalam tubuh. Selama musim panas, Anda dapat konsumsi alpukat dengan cara di jus maupun dimakan langsung menggunakan madu.

10. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang tinggi akan antioksidan. Olahan yang dibuat dengan bahan blueberry, memiliki cita rasa asam dan manis. Anda dapat mengonsumsi blueberry sebagai jus, yang diperkaya antioksidan untuk menangkal rasa lemas dan radikal bebas dalam tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro