Ilustrasi penggunaan skincare/pixabay
Health

Khasiat Vegan Peptide dalam Perawatan Wajah

Mutiara Nabila
Selasa, 5 September 2023 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat ini, semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kulit yang sehat terlepas dari berbagai standar kecantikan yang ada. 

Kulit yang sehat juga harus didukung dengan gaya hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan lebih selektif memilih bahan alami untuk kulit, yang minim risiko dan efek samping. 

Dalam menggunakan rangkaian rutinitas perawatan kulit, kita sering menemukan serum sebagai produk utama yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Serum bekerja fokus untuk mengatasi atau menjawab permasalahan kulit secara khusus, mulai dari mencegah penuaan hingga mengurangi noda hitam. 

Biasanya serum untuk anti penuaan mengandung bahan baku eksfoliasi seperti retinol atau ascorbic acid sebagai salah satu kandungan serum anti-aging yang kini banyak digemari. 

Namun, tak sedikit yang merasa ragu untuk menggunakan perawatan dengan dua kandungan bahan baku tersebut karena rentan menimbulkan efek samping sebelum kulit menyesuaikan diri terhadap bahan tersebut atau karena pemakaiannya yang salah.

Efek samping dari penggunaan dua bahan baku tersebut yang paling umum adalah menyebabkan kulit kering dan iritasi. 

Bahan ini juga berpotensi menyebabkan kemerahan hingga gatal pada kulit serta dapat menyebabkan atau iritasi berupa jerawat-jerawat kecil pada kulit, sehingga tak heran kedua bahan ini sering dihindari orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Karena konsentrasi vitamin A yang tinggi di dalam retinol, bahan baku tersebut juga dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Banyaknya persyaratan dalam penggunaan kedua bahan baku itu kemudian membuat banyak orang merasa ragu untuk memilih serum anti penuaan.

Salah satu alternatif untuk mencegah dampak dari kandungan tersebut, Anda bisa memilih skincare vegan seperti Vegan Peptide yang memiliki cara kerja serupa dengan retinol yang efektif meningkatkan produksi kolagen, hyaluronic acid, dan komponen utama kulit lainnya.

Apabila retinol rentan menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit serta mengeksfoliasi bagian luar kulit, peptide justru akan membantu mengurangi iritasi tersebut dan menambah kekuatan pada bagian dalam kulit. 

Berasal dari tanaman

Vegan peptide memiliki sederet nilai plus lainnya dibandingkan retinol atau bahkan asam askorbat pada umumnya, yaitu lembut di kulit, karena bahan ini dapat ditoleransi dengan baik dan kecil kemungkinan menyebabkan reaksi yang merugikan.

Selain itu, peptide juga tidak membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari atau memerlukan tindakan perlindungan matahari yang berlebihan, sehingga serum dengan vegan peptide dapat digunakan setiap hari baik pagi atau malam. 

Salah satu brand yang menggunakan bahan vegan peptide ini adalah BASE dalam Rich Moisture & Youthful Firming Serum.

Adapun, peptide yang dihasilkan oleh BASE diproduksi melalui fermentasi dan berasal dari bahan baku yang bersumber secara alami sehingga bukan dibuat secara sintetis.

Vegan peptide ini juga dipadukan dengan bahan nabati lainnya yang telah terbukti secara ilmiah membantu mengurangi tanda penuaan, seperti ekstrak fermentasi oat, yang berfungsi menyeimbangkan mikrobioma kulit untuk mencegah penuaan dini. 

Kemudian, kandungan Astaxanthin di dalamnya juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, dan ekstrak  Electric Daisy, mampu mengatasi kerutan dengan efek instan dan jangka panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro