Resep sate kambing enak dan tidak berbau/Tokopedia
Kuliner

Dari Sate hingga Siomay, Ini 10 Makanan Indonesia yang Paling Populer

Redaksi
Kamis, 7 September 2023 - 11:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Negara-negara di Asia, salah satunya Indonesia, dikenal dengan keanekaragamannya yang kaya akan budaya dan makanan.

Sebagai negara agraris, Indonesia dipenuhi akan hasil bumi seperti beras, jagung, dan berbagai macam rempah. Iklim tropis Indonesia juga memungkinkan berbagai buah dan sayuran untuk tumbuh di tanahnya.

Sebagai rumah bagi berbagai macam bumbu dan rempah-rempah, Indonesia memiliki begitu banyak makanan lezat yang beragam.

Kekayaan etnis dan tradisi yang mewariskan resep khas dari generasi ke generasi membuat negara ini memiliki hidangan khas yang tak terbatas dan bervariasi.

Dilansir dari laman Taste Atlas, Kamis (7/9/2023), berikut adalah 10 makanan Indonesia yang paling populer.

1. Sate

Sate adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari daging yang ditusuk kemudian dibakar, dan disajikan dengan saus kacang atau kecap. Semua jenis daging dapat digunakan untuk membuat sate, bahkan beberapa jenis yang eksotis seperti daging buaya atau ular. Biasanya, daging dibumbui terlebih dahulu sebelum dipanggang.

Bumbunya bervariasi, tetapi biasanya meliputi kecap, gula, bawang putih, air jeruk nipis, dan bumbu lainnya. Sate diyakini berasal dari daerah Jawa di Indonesia dan dikembangkan di bawah pengaruh pedagang Muslim yang bermigrasi dari India.

2. Sambal

Bumbu khas Asia Tenggara ini biasanya dibuat hanya dengan cabai pedas dan garam. Terkadang ditambahkan air jeruk nipis, bawang merah, gula, jahe, terasi, atau cuka. Dibuat secara tradisional dengan menggunakan lesung, sambal ini memiliki konsistensi yang kental dan rasa yang sangat kuat dan tajam.

Kreasi asli Indonesia ini telah mendapatkan pengakuan dunia dan sudah tersedia di berbagai pasar makanan Asia dan toko-toko internasional di seluruh dunia.

Sambal biasanya digunakan dalam berbagai hidangan Asia, biasanya sebagai bumbu pedas, bumbu penyedap, atau taburan yang disajikan bersama daging, makanan laut, sayuran, atau nasi.

3. Rendang

Rendang adalah hidangan daging khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Hidangan ini terkenal dengan rasanya yang kuat dan waktu memasaknya yang panjang.

Teori tentang bagaimana rendang diciptakan mengklaim bahwa penggunaan rempah-rempah yang banyak dan waktu memasak yang lama digunakan untuk mengawetkan daging di daerah beriklim panas dan tropis, seperti Indonesia.

4. Soto

Soto adalah salah satu masakan khas Indonesia berupa makanan berkuah berisi daging, bihun, kecambah, dan lain-lain. Saat ini, soto memiliki variasi yang beragam sesuai dengan daerah asalnya, seperti soto betawi, soto banjar, soto kudus, dan masih banyak lagi.

Meskipun diyakini bahwa soto dikembangkan karena pengaruh Cina yang kuat di negara ini, kemungkinan besar soto diciptakan mengikuti tradisi memasak yang umum di daerah tersebut dan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia melimpah.

5. Ketupat

Ketupat adalah kue beras khas Asia yang dibuat dalam wadah anyaman tradisional yang terbuat dari daun palem atau kelapa. Meskipun ketupat tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, jenis yang paling umum adalah ketupat berbentuk kubus, menyerupai keranjang anyaman kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro