Ilustrasi operasi katarak
Health

Tips Penting Cegah Katarak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 September 2023 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, dan salah satu kondisi umum yang mempengaruhi banyak orang adalah katarak.

Kondisi mata yang umum ditemukan ini ditandai dengan kekeruhan pada lensa mata, yang dapat berdampak signifikan pada penglihatan Anda.

Meskipun dalam beberapa kasus hal ini dapat dicegah, peningkatan kesadaran sangat diperlukan.

Berikut tips untuk mencegah mata Anda kena katarak

1. ​​Lindungi mata Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya​

Pentingnya melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) tidak bisa dilebih-lebihkan. Sinar UV matahari dapat merusak mata dan meningkatkan risiko katarak. Oleh karena itu, melindungi mata dari sinar UV sangatlah penting. Setiap kali Anda keluar rumah, kenakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV 100%.

Selain itu, usahakan untuk menutupi wajah Anda untuk lebih melindungi mata Anda dari sinar matahari langsung. Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat meminimalkan efek berbahaya dari radiasi UV dan mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak.

2. ​Mengidentifikasi dan mengelola kondisi kesehatan yang mendasari​

Ada banyak kondisi kesehatan yang secara langsung atau tidak langsung dapat berdampak pada kesehatan mata dan meningkatkan risiko terkena katarak.

Diabetes dan hipertensi termasuk di antara kondisi kesehatan yang melemahkan ini. Oleh karena itu, untuk mencegah risiko katarak, penting juga untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan yang mendasarinya dan kemudian menanganinya secara efektif.

Dalam hal ini, pengelolaan kadar gula darah dan tingkat tekanan darah sangatlah penting. Jika Anda bisa mengendalikan kondisi ini, risiko terkena katarak akan berkurang.

3. ​​Menerapkan pola makan kaya nutrisi​

Pola makan yang bergizi tentu berperan penting dalam menjaga kesehatan mata tetap optimal. Sertakan makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

Cobalah untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, serta buah-buahan berwarna seperti jeruk dan beri, yang kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti salmon dan tuna juga dapat berkontribusi mengurangi risiko katarak.

4. Rutin Aktivitas fisik ke dalam rutinitas sehari-hari​

Melakukan aktivitas fisik secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi kesejahteraan kita secara umum tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan mata. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan mata. Anda dapat memasukkan olahraga intensitas sedang ke dalam rutinitas Anda, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

5. Pemeriksaan mata rutin 

Pemeriksaan mata secara teratur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan mendeteksi potensi masalah sejak dini. Untuk melakukannya, sangat penting untuk menjadwalkan tes mata komprehensif setidaknya setahun sekali, atau sesuai anjuran dokter Anda.

Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi tanda-tanda katarak atau kondisi mata lainnya, sehingga memungkinkan dilakukannya intervensi dan pengobatan tepat waktu. Ingat, deteksi dini adalah kunci untuk menangani katarak secara efektif.”

6. ​​Berhenti merokok dan batasi alkohol​

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan kuat antara merokok dan peningkatan risiko katarak. Bahkan konsumsi alkohol berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Oleh karena itu, berhenti mengonsumsi keduanya dapat membantu mencegah risiko katarak di kemudian hari.

Mengintegrasikan tips penting ini ke dalam gaya hidup Anda dapat meningkatkan kesadaran dan mencegah katarak, sehingga menjaga penglihatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro