Ilustrasi perempuan mengalami sakit mata/Freepik.com
Health

Mengenal Lima Gejala Katarak yang Sering Diabaikan

Mutiara Nabila
Jumat, 1 September 2023 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesehatan fisik sangat penting untuk dijaga, salah satunya kesehatan mata. 

Salah satu gangguan mata yang kerap dijumpai tapi tak disadari kemunculannya adalah katarak. Gangguan mata ini tidak dapat dianggap sepele. 

Seseorang yang mengalami katarak harus segera ditangani karena katarak bisa menjadi penyebab turunnya tajam penglihatan hingga kebutaan.

Dokter spesialis mata Dr. Maria Magdalena Purba mengatakan, terjadinya katarak dimulai dari lensa mata yang keruh sehingga mengakibatkan penurunan kualitas penglihatan. 

Umumnya kekeruhan pada lensa ini terjadi secara alami saat menginjak usia 40 tahun. Adapun, beberapa gejala katarak kadang mudah terlihat, namun kadang ada pula gejala yang seringkali terabaikan karena jarang disadari.

Gejala Katarak Yang Sering Terabaikan

1. Ketajaman Pengelihatan Menurun atau Buram

Lensa mata yang keruh akan menyebabkan cahaya yang masuk ke mata tidak dapat difokuskan dengan tepat ke retina sehingga bayangan objek yang ditangkap jadi berbayang. Lama-kelamaan seiring dengan meningkatnya kekeruhan di lensa maka tajam penglihatan juga semakin menurun.

2. Pengelihatan Ganda atau Double Vision

Penglihatan ganda adalah gejala yang juga bisa dialami oleh para penderita katarak. Sering kali gejala ini tidak diperhatikan dengan serius atau bahkan dianggap sebagai masalah sementara yang akan hilang sendiri nantinya.

3. Kesulitan Mengenali Warna

Perubahan dalam persepsi atau pemahaman saat melihat warna juga dapat menjadi tanda awal adanya katarak yang tidak disadari.

Penderita katarak seringkali mengalami kesulitan dalam mengenali warna dengan jelas. Warna-warna yang seharusnya terlihat cerah menjadi kusam atau terdistorsi sebagai akibat dari lensa mata yang keruh.

4. Sensitivitas Terhadap Cahaya

Gejala lain yang jarang disadari adalah sensitivitas terhadap cahaya. Penderita katarak mungkin merasa lebih sensitif terhadap cahaya terang, seperti cahaya matahari atau lampu terang di dalam ruangan.

Perasaan tidak nyaman atau bahkan munculnya rasa sakit ketika terpapar cahaya yang terlalu terang juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada lensa mata.

5. Muncul Lingkaran Cahaya (Halo)

Munculnya lingkaran cahaya pada saat melihat sumber cahaya seperti lampu atau sinar matahari terang dapat menjadi tanda adanya katarak.

6. Sulit Melihat dengan Jelas saat Minim Cahaya

Katarak juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat dengan jelas pada kondisi cahaya yang redup, seperti saat malam hari atau di tempat yang kurang terang. Kondisi seperti ini seringkali terasa saat seseorang berkendara di malam hari atau membaca dalam kondisi minim cahaya.

Cara Mencegah Gejala Katarak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro