Ilustrasi bayi/Apollo Hospital
Health

Tips Memilih Produk Kebutuhan untuk Bayi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 September 2023 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pertimbangan dalam memilih produk bayi yang ideal adalah bahan yang digunakannya.

Orang tua diminta untuk memakai bahan yang ramah lingkungan agar aman bagi anak.

Seperti diketahui anak masih sering memakan atau mengisap mainan atau pakaian yang digunakannya, sehingga harus dipastikan produk yang digunakannya aman untuk kesehatan.

dr. Citra Amelinda, SpA, IBCLC, MKes menegaskan bahwa dalam memilih produk untuk bayi, sebaiknya memang yang memiliki bahan dasar ramah lingkungan. Karena selain lebih aman juga bisa ikut membantu menjaga kelestarian bumi.  

“Produk dengan bahan dasar ramah lingkungan itu biasanya tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga aman untuk bayi. Terlebih jika produk tersebut sudah di uji oleh berbagai lembaga yang kompeten dan mendapatkan sertifikasi,” tegas dokter Citra.

Dilansir dari laman Bantulkab, berikut tips memilih produk perawatan tubuh untuk bayi

Disarankan untuk memilih produk perawatan tubuh yang khusus diformulasikan untuk bayi. Jangan menggunakan produk yang ditujukan bagi orang dewasa, karena produk tersebut bisa merusak kulit bayi yang masih tipis, halus, dan rentan terhadap iritasi.

Sebelum membelinya, pastikan Bunda membaca label yang tertera pada kemasan. Produk perawatan tubuh bayi sebaiknya:

Bebas pewangi dan pewarna.   Kedua zat tersebut berpotensi mengiritasi kulit bayi dan mengganggu sistem pernapasannya.

Tidak mengandung antibakteri atau antimikroba. Meskipun bisa membunuh kuman, kedua kandungan ini tidak baik untuk kesehatan kulit bayi. Bunda cukup membersihkan kulit Si Kecil dengan sabun khusus bayi atau tisu basah berbahan lembut yang tanpa alkohol.

Bebas paraben dan phthalate. Paraben biasanya dipakai sebagai zat pengawet, sementara phthalate kerap digunakan sebagai pelembut pada produk perawatan kulit. Menurut suatu penelitian, bayi yang sering terpapar kedua zat ini lebih berisiko mengalami alergi dan gangguan tumbuh kembang.

Berlabel hypoallergenic. Tulisan “hypoallergenic” pada produk perawatan bayi menandakan bahwa produk tersebut memiliki risiko lebih rendah untuk menyebabkan bayi mengalami reaksi alergi.

Bebas alkohol. Pada kemasan produk, alkohol sering ditulis dengan nama ethyl alcohol (ethanol). Alkohol jenis ini bisa dengan mudah mengiritasi kulit bayi. Namun, ada pula produk yang menggunakan cetearyl alcohol atau fatty alcohol. Nah, alkohol jenis ini tidak menyebabkan kulit kering atau iritasi.

Sesuai pH kulit bayi. Tingkat asam basa (pH) kulit bayi sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 5,5. Jadi, disarankan untuk memilih produk perawatan kulit bayi dengan pH yang mendekati angka tersebut. Memilih produk dengan pH netral juga tidak masalah, selama kulit bayi sehat dan tidak kering.

Berbahan dasar alami. Umumnya, produk-produk perawatan tubuh berbahan dasar alami aman untuk digunakan pada bayi. Namun beberapa bahan alami tetap berisiko menyebabkan iritasi dan alergi, terutama jika Si Kecil memiliki riwayat alergi, atau bila ada riwayat alergi dalam keluarga.

Sementara itu, CEO Offspring Group, Daniel Ruppert mengatakan orang tua di Indonesia sangatlah mementingkan keamanan dan kesehatan buah hatinya. 

Dia mengatakan perusahaanya juga menggunakan bahan alami dalam produknya.

"Semua produk Offspring diproduksi dengan hanya menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Hal tersebut didukung oleh berbagai sertifikasi Internasional yang mengakui bahwa produk Offspring aman untuk bayi serta berperan menurunkan emisi karbon," paparnya.

Offspring sendiri baru saja ekspansi ke Indonesia 

Indonesia, menjadi salah satu dari 26 negara yang menjadi sasaran ekspansi Offspring.

Alasan ekspansi ke Indonesia karena selama ini banyak pemakai produknya harus membeli ke negara tetangga seperti Singapura.

Sampai dengan sekarang ada lebih dari 170 SKU Offspring telah dipasarkan secara global. Terutama melalui berbagai platform e-commerce, sembari didukung toko ritel sebagai reseller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro