Kondisi kaki o pada anak
Health

Penyebab Kaki O pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 13 September 2023 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa anak memiliki kondisi kaki menyerupai huruf O atau juga yang biasa disebut bow legs.

Secara medis, kondisi ini disebut genu varum dimana salah satu atau kedua tungkai kaki anak melengkung keluar sehingga terdapat celah yang lebar antara kedua lutut dan tungkai bawah.

Salah satu tanda dan gejala utama kaki O adalah ketika anak berdiri atau berjalan, kaki anak tersebut terlihat seperti bentuk busur (bow) atau huruf O. Selain itu, jari-jari kaki dapat menekuk ke arah dalam ketika berjalan.

Anak dengan kaki O biasanya jarang mengeluhkan nyeri, memiliki koordinasi kaki yang normal, dan tidak mengalami hambatan ketika belajar berjalan.

Penyebab kaki O pada anak

Dilansir dari Mayapada Hospital, kondisi kaki O pada anak dapat terjadi karena beberapa hal seperti kondisi pertumbuhan bayi saat di rahim, gangguan pertumbuhan tulang (penyakit blount), penyakit karena kekurangan kalsium (rakitis), serta gangguan tulang lainnya seperti patah tulang yang tidak ditangani secara benar sehingga tulang tumbuh abnormal.

Menurut Dokter Spesialis Ortopedi, Konsultan Pediatrik dari Mayapada Hospital Bandung, Prof. Dr. dr. Yoyos Dias Ismiarto, Sp.OT (K), M.Kes, CCD, ada sejumlah penyebab kondisi kaki O pada anak, di antaranya:

1. Genu varum fisiologis

Ini kondisi bayi yang berkembang pada rahim yang sempit menyebabkan tulang bayi mengalami rotasi sehingga menyebabkan bentuk kaki O. Kondisi ini biasanya akan membaik dengan sendirinya seiring pertambahan usia mulai dari  usia 18 bulan dan dapat kembali lurus di usia 2 (dua) sampai 3 (tiga) tahun.

2. Penyakit blount

Gangguan pertumbuhan pada bagian atas tulang kering. Penyakit blount sering terjadi pada anak-anak yang mengalami obesitas atau belajar berjalan terlalu dini.
 
3. Penyakit rickets (rakitis)

Penyakit ini terjadi akibat tulang kekurangan kalsium atau vitamin D sehingga pertumbuhan tulang anak menjadi lebih lemah sehingga rentan mengalami perubahan bentuk.

Kekurangan vitamin D dapat terjadi akibat kurangnya paparan sinar matahari maupun asupan nutrisi dari makanan. Rakitis juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik sehingga penyerapan vitamin D dalam tubuh menjadi terganggu.
Penanganan kaki O pada anak

Penanganan untuk kondisi kaki O berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Misalnya, untuk kaki O yang disebabkan karena adanya penyakit Blount, penanganan yang dapat dilakukan meliputi penggunaan penyangga kaki atau bidai.

Sementara pada kaki O karena rakitis, anak dapat diberikan tambahan suplemen kalsium dan vitamin D. Namun, apabila lengkungan kaki terus memburuk, tindakan pembedahan dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuk tungkai dan mengembalikan kesejajaran tulang.

Pasca-tindakan bedah, anak akan menggunakan penyangga kaki sementara untuk menjaga tulang selama proses penyembuhan. Selain itu, latihan gerakan dan terapi fisik pada kaki juga dapat dilakukan untuk mengembalikan kekuatan dan gerakan pada tungkai anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro