Ilustrasi/fitnessformen.co.id
Health

Tips Menghilangkan Lemak Perut Setelah Umur 50 Tahun

Redaksi
Jumat, 15 September 2023 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki usia lanjut, seseorang mungkin akan rentan mengalami gangguan kesehatan.

Menjaga kemungkinan tersebut, penting untuk memperhatikan asupan dan pola hidup yang sehat.

Perlu kamu ketahui, salah satu sebab penurunan kesehatan pada usia adalah penumpukan lemak perut. Selain memengaruhi kesehatan, lemak perut tentunya memengaruhi bentuk tubuh modis kamu.

Dikutip eatthis.com (15/9/2023) menurut Mayo Clinic , wanita cenderung mengalami lebih banyak lemak di bagian tengah tubuh pasca menopause, karena tingkat estrogen yang lebih rendah.

Namun, kekhawatiran itu dapat kamu atasi. Kamu bisa melakukan defisit kalori dan olahraga teratur untuk menghilangkan lemak perut.

Lebih lengkapnya, simak tips berikut untuk menghilangkan lemak perut walaupun pasa usia lanjut.

1. Penuhi Protein

Selain menjadi makanan pokok yang sehat, protein adalah kuncinya jika ingin menghilangkan lemak perut secara berkelanjutan. Penelitian menunjukkan mengonsumsi lebih banyak protein daripada jumlah harian yang disarankan dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan otot tanpa lemak.

Namun, tidak semua makanan berprotein mempunyai kadar yang sama. Beberapa di antaranya jauh lebih efektif, contohnya yogurt Yunani, kacang-kacangan, telur, quinoa, tuna, protein kacang polong, salmon, tahu, kenari dan lentil.

2. Memiliki Keseimbangan yang Kuat antara Latihan Kekuatan dan Ketahanan

Melakukan olahraga rutin secara teratur adalah cara yang pasti untuk meningkatkan upaya penurunan lemak perut, tetapi tetap diperhatikan bahwa latihan kekuatan dan ketahanan harus menjadi prioritas utama dalam rutinitas.

Faktanya, para peneliti di Harvard School of Public Health menjelaskan bahwa memasukkan latihan beban ke dalam rutinitas kebugaran adalah cara terbaik untuk menghilangkan dan mengontrol lemak perut.

3. Minum Banyak Air

Minuman menyegarkan yang bebas kalori ini menjadi salah satu tambahan terbaik untuk rencana penurunan berat badan karena dapat membuat rasa kenyang dan menekan nafsu makan. Faktanya, penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menegaskan bahwa meningkatkan jumlah air yang diminum dapat membantu menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

4. Defisit Kalori

Berolahraga dan angkat beban adalah cara terbaik untuk membakar kalori tetapi kamu juga perlu menetapkan defisit kalori jika benar-benar ingin melihat kemajuan dan hasil yang memuaskan.

5. Berpuasa

Ada beberapa jadwal puasa intermiten yang berbeda-beda, namun dasarnya adalah menentukan porsi waktu makan dalam satu hari (atau minggu) dan tidak makan makanan atau kudapan di luar jangka waktu tersebut.

6. Lebih Banyak Makan di Rumah

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan dan makan lebih banyak di rumah cenderung mengikuti pola makan yang lebih sehat. Memasak makanan di rumah memungkinkan kamu mengontrol asupan yang akan kamu konsumsi.

7. Banyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sayuran dan buah-buahan kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan dan terbukti dapat menurunkan berat badan. Tinjauan terhadap 10 penelitian menemukan bahwa setiap peningkatan porsi sayuran setiap hari dikaitkan dengan penurunan lingkar pinggang 0,14 inci (0,36 cm) pada wanita.

Studi lain pada 26.340 pria dan wanita berusia 35–65 tahun mengaitkan konsumsi buah dan sayur dapat memberi berat badan lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil dan lemak tubuh lebih sedikit. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro