Almond/Istimewa
Health

Studi: Kacang Almond Bantu Diet dan Cegah Masalah Jantung

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 September 2023 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian menemukan kacang almond bisa membantu dalam diet dan penurunan berat badan tanpa membahayakan kesehatan Anda.

Para peneliti dari University of South Australia mengatakan kacang almond juga meningkatkan kesehatan kardiometabolik mereka.

Hal itu terungkap setelah para peneliti meneliti efek almond dalam diet terbatas energi dan menemukan bahwa almond mengurangi sekitar 7 kilogram berat badan.

Temuan penelitian ini relevan secara global karena obesitas dan komplikasi yang terkait dengannya menyebar dengan cepat.

“Kacang-kacangan, seperti almond, adalah camilan yang enak. Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan kaya akan vitamin dan mineral, namun kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak tinggi yang bisa diasosiasikan dengan peningkatan berat badan,” peneliti Dr. kata Syarayah Carter dilansir dari Times of India.

Untuk penelitian ini, total 106 peserta menyelesaikan program makan selama sembilan bulan yang mencakup diet terbatas energi selama tiga bulan untuk menurunkan berat badan, diikuti dengan diet terkontrol energi selama enam bulan untuk menjaga berat badan.

Diet yang dilengkapi almond juga menunjukkan perubahan signifikan secara statistik pada beberapa subfraksi lipoprotein yang sangat aterogenik, yang dapat meningkatkan kesehatan kardiometabolik dalam jangka panjang.

Beberapa penelitian lain menemukan hubungan erat antara kacang almond dan kesehatan jantung. Sebuah studi ulasan tahun 2018, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, oleh para peneliti India menjelaskan dampak almond dalam mengurangi kolesterol LDL, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Almond membantu dalam menjaga atau meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

“Konsumsi sekitar 45 gram almond setiap hari dapat membantu mengurangi salah satu faktor risiko terpenting penyakit CVD di India, yaitu dislipidemia,” kata para peneliti. Almond adalah bagian dari keluarga prunus dan merupakan sumber yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda (MUFA dan PUFA). Ini banyak digunakan di India sebagai makanan bergizi.

Sesuai Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram almond mengandung hampir 580 kalori. Ini juga terdiri dari 21,15 gram protein, 50 g lemak, 21,55 g karbohidrat, 12,5 g serat, dan 4,35 g gula. Almond juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, dan vitamin E.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro