Kacang Mete/wikipedia
Health

Dari Kacang Almond hingga Kacang Mete, Ternyata Bisa Atasi Rambut Rontok

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 23 Juni 2023 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari Anda yang mungkin sudah lelah menghadapi rambut rontok, tetapi tak kunjung berhasil mengatasinya.

Mungkin sudah saatnya Anda beralih untuk mengonsumsi kacang-kacangan.

Dilansir dari Health Shots, kacang-kacangan kaya akan vitamin B, seng dan asam lemak esensial.

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi ini, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut.

Berikut adalah jenis kacang yang dapat membantu Anda dalam mengatasi kerontokan rambut:

1. Kacang almond

Dalam kacang almond mengandung vitamin E. Hal ini merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi folikel rambut agar tidak rusak.

Selain itu, almond juga merupakan sumber biotin yang baik sehingga penting untuk pertumbuhan rambut. Untuk saran konsumsi, Anda dapat mengonsumsi sekiranya 15 hingga 20 kacang almond setiap hari.

Namun, bergabung kacang ini tinggi kalori dan lemak, Anda tidak boleh memakannya terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas. Bagi Anda yang memiliki alergi, gangguan pencernaan, dan sakit maag, hindari makan kacang almond atau batasi jumlah asupannya.

2. Kenari

Kacang kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan volume rambut. Kacang ini juga merupakan sumber vitamin E dan selenium yang baik.

Untuk merasakan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi sekitar 6 hingga 8 potongan kecil kenari. Sama seperti almond, kacang ini mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Jadi, Anda perlu mengontrol tingkat konsumsi Anda agar tidak berlebihan.

3. Kacang Brazil

Dalam kacang Brazil terdapat selenium yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Kandungan ini membantu melindungi folikel rambut agar tidak rusak dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebaiknya Anda hanya makan 2 hingga 3 butir per hari karena makan terlalu banyak kacang Brazil dapat menyebabkan keracunan selenium. Jika hal itu terjadi, Anda akan merasa mual, perubahan warna kuku, kerapuhan, dan kerontokan rambut.

4. Kacang mete

Salah satu jenis kacang lainnya yang dapat membantu Anda untuk menumbuhkan rambut adalah kacang mete karena kacang ini kaya akan protein dan seng. Sebaiknya Anda hanya perlu mengonsumsi 5 hingga 10 kacang mete per hari. Hal itu dikarenakan kacang mete tinggi kalori yang dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan.

5. Kacang hazel

Kacang hazel atau yang disebut hazelnut sarat dengan vitamin E, antioksidan yang penting untuk melindungi folikel rambut dari kerusakan. Selain itu, dalam kacang ini terdapat sumber protein, seng, dan selenium yang baik.

Untuk mendapatkan manfaat dari kacang ini, cobalah untuk mengonsumsi sekitar 25 hingga 30 gram. Namun, bagi Anda yang memiliki masalh pencernaan, ada baiknya untuk menghindari jenis kacang ini.

Varian kacang tersebut tidak dapat menjamin pertumbuhan rambut secara cepat. Anda perlu menunggu beberapa waktu untuk menghentikan kerontokan rambut setelah makan kacang tergantung pada penyebab kerontokan rambut yang Anda hadapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro