Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Entertainment

Reaksi Twitter setelah Kereta Cepat Jakarta - Bandung Ganti Nama Jadi WHOOSH

Hesti Puji Lestari
Jumat, 22 September 2023 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Berikut adalah reaksi Twitter dan beberapa media sosial lain setelah pemerintah mengganti nama Kereta Cepat Jakarta - Bandung menjadi WHOOSH.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menetapkan WHOOSH sebagai nama merek atau jenama Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Penamaan WHOOSH ini merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan oleh tim penilai. Adapun tim penilai diketuai oleh Triawan Munaf, yang sudah melakukan penilaian sejak bulan Juli 2023 lalu.

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia," kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam Konferensi Pers Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Kamis (21/9/2023).

Menhub Budi menjelaskan bahwa filosofi "Whoosh" berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

Pengumuman nama WHOOSH ini jelas menimbulkan beragam reaksi dari masyarakat di media sosial. Twitter dan Instagram menjadi dua platform yang disorot Bisnis.

Dari kedua platform tersebut, ditemukan beberapa komentar menarik dari netizen. Sejumlah netizen menyayangkan pemilihan nama WHOOSH sebagai nama baru Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

Mereka menganggap, Indonesia tak kekurangan kata yang menggambarkan Indonesia. Pemerintah bisa mempertimbangkan pemilihan nama tokoh pewayangan atau hal-hal yang lebih mencerminkan Indonesia lainnya.

Beberapa warganet lainnya juga membuat lelucon dari nama WHOOSH ini. Misalnya dari salah satu pengguna Twitter yang mencoba menebak mengapa pemerintah menggunakan nama WHOOSH.

"Kenapa kereta cepat pakai nama WHOOSH? kalau Tut Tut Tut cuma sampai Surabaya (naik kereta api, tut tut tut, siapa hendak turun, ke Bandung - Surabaya), " tulisnya.

"Daripada WHOOSH mending KRAMAT aka Kereta Cepat Amat," tulis yang lain.

Tak kalah seru, komentar netizen lain menyebut bahwa pemilihan nama Whoosh ini seperti hanya asal comot tanpa pertimbangan.

Di sisi lain, Menhub menjelaskan bahwa sayembara nama Kereta Cepat Jakarta - Bandung ini diikuti 10 agensi terpilih yang telah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik.

Selain itu "Whoosh" juga merupakan singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal' yang menjadi identitas kereta cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro