Ginjal/wikybrew.com
Health

Kenali Gejala Gagal Ginjal dan Cara Pencegahannya

Redaksi
Selasa, 26 September 2023 - 20:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gagal ginjal menjadi penyakit berbahaya yang perlu diperhatikan, karena dapat mempengaruhi peran penting ginjal yakni menyaring racun dalam tubuh.

Rusaknya sistem penyaring racun dalam tubuh dapat memberi dampak negatif yang lebih luas pada tubuh. Oleh karena itu kesehatan ginjal harus dipahami dan diperhatikan, tidak terlepas dari pemahaman terkait gejala penyakit ginjal dan cara pencegahannya. Hal tersebut dilakukan agar pasien dapat mengantisipasi jalan keluar yang tepat jika merasakan gejala tersebut.

Dilansir Healthline (26/9/2023) menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 90% orang dengan penyakit ginjal kronis tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya. 

Tanda-tanda awal gagal ginjal tidak kentara dan sulit diidentifikasi. Namun, secara umum gagal ginjal ditandai dengan gejala sebagai berikut  :

1. Perubahan Pada Urin

Output urin menurun, meski terkadang output urin tetap normal. Warna pada urin pun akan berbeda dari sebelumnya. Serta ditemukan busa atau gelembung berlebihan dalam urin menunjukkan adanya protein dalam urin. 

2. Bengkak di Anggota Badan 

Retensi cairan, menyebabkan pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki atau kaki.


3. Otot Kram

Ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kram otot.


4. Merasa Lelah dan Lemas yang Berlebihan

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan sulit berkonsentrasi. 

Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan. Pola tidur yang tidak teratur juga mempengaruhi kondisi fisik penderita penyakit ginjal.


5. Detak Jantung Tidak Teratur

Ketika ginjal tidak bisa berfungsi atau gagal, maka ginjal tidak mampu melepaskan bahan kimia seperti kalium, asam dan fosfat yang berfungsi mengatur keseimbangan detak jantung serta menguatkan otot jantung. Sehingga menyebabkan jantung berdebar tak beraturan.


6. Kejang atau Koma

Kejang atau koma menjadi gejala yang jarang ditemukan tetapi sangat berbahaya. Gejala gagal ginjal yang satu ini harus segera diatasi dengan serius.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, pasien dianjurkan untuk memeriksa kesehatan lebih lanjut pada dokter dan jangan diabaikan.

Gagal ginjal juga dapat dicegah dengan cara-cara pencegahan sebagai berikut :


1. Lakukan pemeriksaan rutin

Jika tubuh merasakan gejala gagal ginjal atau sudah terkena gagal ginjal, maka tidak boleh disepelekan. Lakukan pemeriksaan rutin dan hiduplah teratur sesuai anjuran dari dokter demi kesehatan tubuh.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal dan meningkatkan peluang  terkena penyakit gagal ginjal. Jika tekanan darah tetap tinggi, dokter akan memberikan resep obat.

 Melakukan perubahan sederhana pada gaya hidup seperti mengurangi garam dan alkohol, menurunkan berat badan berlebih dan berolahraga dapat membantu menjaga tekanan darah.


3. Kelola Gula Darah

Kadar gula darah bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yang berada di luar kendali seseorang seperti hormon, penyakit atau stres. Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam ginjal menjadi sempit dan tersumbat serta dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan membahayakan ginjal.


4. Makan Makanan Sehat

Pola makan yang sehat, seperti Diet Mediterania dan Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dapat membantu menurunkan tekanan darah dan lipid darah (lemak dalam darah). Direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mencakup buah-buahan dan sayuran segar, susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. 


5. Olahraga 

Olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, membangun kekuatan dan daya tahan, serta menurunkan peluang terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit ginjal. Ada banyak jenis olahraga yang dapat membantu tubuh tetap sehat, antara lain jalan kaki, pekerjaan rumah tangga atau olahraga aerobik seperti jogging, berenang, bersepeda, naik tangga atau hiking.


6. Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan penyakit pada setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Maka dianjurkan untuk berhenti merokok dan hindari menghirup asap rokok langsung.


7. Jangan Menyalahgunakan Obat Pereda Nyeri

Menggunakan terlalu banyak obat pereda nyeri yang disebut NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen) dapat menyebabkan gagal ginjal. Penggunaan NSAID dalam jangka panjang, terutama dalam dosis tinggi, mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro