Sunscreen/skincancerfoundation
Health

Ini Bedanya Tingkat SPF pada Sunscreen, Simak Cara Pakai yang Tepat

Mutiara Nabila
Rabu, 27 September 2023 - 15:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat masa kini semakin peduli untuk menjaga kesehatan kulit, terutama di tengah tingginya kadar polusi dan cuaca panas yang  berkepanjangan. 

Salah satu cara paling dasar untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Pasalnya, tanpa perlindungan dari tabir surya, kulit berpotensi terbakar, terutama bagi orang-orang yang beraktivitas sehari-hari di luar rumah. Selain itu, kulit juga akan jadi cepat kusam, rusak, menggelap, hingga muncul flek hitam. 

Sinar matahari yang terdiri dari sinar UV juga berbahaya bagi kulit tak hanya dalam jangka pendek seperti menjadi terbakar atau kusam, tapi juga dalam jangka panjang bisa menyebabkan penuaan dini hingga meningkatkan risiko kanker kulit. 

Pilah-pilih Sunscreen

Umumnya sunscreen menuliskan kadar SPF (Sun Protecting Factor) pada kemasannya. Di kemasan tertera angka 30, 50, hingga 80. 

Beauty Enthusiast sekaligus Global Modest Beauty Brand Development Paragon Group Alif Kartika menjelaskan bahwa angka yang terpampang dalam kemasan sunscreen menunjukkan ketahanlamaan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan matahari.    

"Jadi SPF itu Sun Protecting Factor, angka yang tertera ini menunjukkan seberapa kali perlindungan atau proteksinya. Kalau biasanya kulit kita akan terbakar memerah karena matahari setelah terpapar 10 menit. Angka ini adalah berapa kali 10 menit kalau kita pakai sunscreen ini," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/9/2023). 

Kapan Menggunakan Sunscreen dengan kandungan SPF Tertentu?

Dengan pakai sunscreen SPF 35, berarti perlindungannya 350 menit hingga kulit akhirnya terbakar matahari. Produk init lebih tepat digunakan ketika keluar rumah tidak terlalu lama atau ke tempat yang tidak terlalu panas. 

Tapi, ketika harus berkegiatan di luar ruangan, seperti ke pantai atau ke tempat yang suhunya panas dan durasinya lebih panjang bisa gunakan sunscreen dengan SPF 50, jadi perlindungannya 500 menit. 

"Itu kenapa sunscreen harus direapply, terutama jika setelah kena air, misalnya setelah wudhu siang hari, atau kena keringat, karena bisa luntur juga seiring dengan berjalannya waktu," jelasnya. 

Dia mengatakan, idealnya menggunakan sunscreen dari pagi dan digunakan kembali setelah 3-4 jam sebelum perlindungannya benar-benar hilang.

Selain itu, gunakan sunscreen dengan bentuk krim dengan takaran dua ruas jari, agar benar-benar bisa memberikan proteksi maksimal pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro