Virus Adenovirus yang menyerang Rayyanza cipung anak Raffi Ahmad
Health

Rayyanza Anak Raffi Ahmad Diopname Karena Adenovirus, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 7 Oktober 2023 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Putra bungsu Raffi Ahmad yakni Rayyanza Malik Ahmad harus dirawat di rumah sakit karena kena adenovirus.

Hal itu disampaikan sang ibu Nagita Slavina di channel youtube Rans Entertainment.

Gigi mengatakan Rayyanza sempat panas tinggi dengan suhu hingga 40 derajat selama dua hari. Akhirnya dia memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit.

Kemudian, Rayyanza pun dironsen untuk mengetahui penyebab panas tinggi tersebut. "Ternyata hasilnya ada radang paru karena kena virus yang namanya adenovirus," ujar Gigi.

Gigi juga mengatakan menurut dokter demam akibat adenovirus itu bisa bertahan selama seminggu, karena itu Rayyanza harus diopname hingga tidak lagi demam.

Lantas apakah sebenarnya adenovirus itu?

Dilansir dari webmd, adenovirus adalah sekelompok virus umum yang menginfeksi lapisan mata, saluran udara dan paru-paru, usus, saluran kemih, dan sistem saraf. Penyakit ini merupakan penyebab umum demam, batuk, sakit tenggorokan, diare, dan mata merah.

Infeksi lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, namun siapa pun bisa tertular. Kebanyakan anak akan terkena setidaknya satu jenis infeksi adenovirus saat mereka berusia 10 tahun.

Infeksi biasanya hanya menimbulkan gejala ringan dan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun penyakit ini bisa menjadi lebih serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, terutama anak-anak.

Virus ini umum terjadi di tempat-tempat dengan banyak anak, seperti pusat penitipan anak, sekolah, dan perkemahan musim panas.

Penyakit ini sangat menular. Penyakit ini dapat menyebar ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Tetesan yang mengandung virus terbang ke udara dan mendarat di permukaan.

Anak Anda dapat tertular virus ketika mereka menyentuh tangan orang yang mengidapnya atau mainan atau benda lain yang dipegang oleh orang yang mengidapnya lalu menyentuh mulut, hidung, atau matanya. Penyakit ini menyebar dengan cepat pada anak-anak karena mereka lebih cenderung meletakkan tangan di wajah dan mulut.

Anda bisa terinfeksi saat mengganti popok. Anda juga bisa sakit karena memakan makanan yang disiapkan oleh seseorang yang tidak mencuci tangan dengan benar setelah dari kamar mandi. Virus bisa saja tertular di air, misalnya di danau kecil atau kolam renang yang tidak dirawat dengan baik, namun hal ini jarang terjadi.

Gejala

Ada beragam gejala dari adenovirus, simak lengkapnya berikut

Bronkitis: Batuk, pilek, demam, menggigil
Pilek dan infeksi pernafasan lainnya: Hidung tersumbat dan berair, batuk, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar
Croup: Batuk menggonggong, kesulitan bernapas, suara bernada tinggi saat menarik napas
Infeksi telinga: Sakit telinga, mudah tersinggung, demam
Mata merah muda (konjungtivitis): Mata merah, keluar cairan dari mata, robek, terasa seperti ada sesuatu di mata Anda
Pneumonia: Demam, batuk, kesulitan bernapas
Infeksi lambung dan usus: Diare, muntah, sakit kepala, demam, kram perut
Pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang (meningitis dan ensefalitis): Sakit kepala, demam, leher kaku, mual, dan muntah (jarang terjadi)
Infeksi saluran kemih: Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil, sering ingin buang air kecil, ada darah dalam urin Anda

Pencegahan

Untuk membantu mencegah anak Anda sakit:

Usahakan untuk menjauhkan anak Anda dari orang yang Anda kenal sedang sakit.
Cuci tangan anak Anda -- dan tangan Anda -- sesering mungkin di siang hari, dan terutama sebelum makan. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika Anda tidak memiliki sabun dan air di dekatnya.
Bersihkan permukaan, seperti wastafel dan meja, untuk menghilangkan kuman.
Jangan biarkan mereka berenang di kolam yang tidak terawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro