Jeruk/Healthyfoodhouse
Health

7 Makanan Tinggi Hyaluronic Acid untuk Kulit Sehat dan Lembab

Redaksi
Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hyaluronic acid atau asam hialuronat.

Populer di industri kosmetik, banyak produk kulit dan kesehatan komersial yang telah menggunakan manfaat potensial dari cairan hidrofilik ini.

Hyaluronic acid adalah senyawa alami tubuh yang memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan terutama yang berkaitan dengan kulit, mata, dan persendian.

Menurut penelitian, hyaluronic acid dapat mengurangi munculnya kerutan, meningkatkan hidrasi, tekstur, serta elastisitas kulit.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat hyaluronic acid secara alami, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung hyaluronic acid.

Melansir beberapa sumber, Kamis (12/10/2023), berikut adalah beberapa makanan kaya akan hyaluronic acid untuk meningkatkan kesehatan kulit.

1. Jeruk
Meskipun tidak secara langsung mengandung hyaluronic acid, jeruk mengandung naringenin yang menghambat aktivitas hialuronidase, yang dapat memecah hyaluronic acid.

2. Tahu
Tinggi akan fitoestrogen, tahu meningkatkan kadar asam hialuronat, meningkatkan produksi kolagen, dan melindungi dari stres oksidatif, serta memperlambat tanda-tanda penuaan.

3. Kale
Kaya akan serat, vitamin A, vitamin K, kalsium, tembaga dan mangan, kangkung juga menyediakan magnesium yang penting untuk produksi hyaluronic acid.

4. Kacang almond
Diperkaya dengan serat, protein, lemak yang menyehatkan jantung, dan vitamin E, kacang almond merupakan sumber magnesium yang baik, yang berkontribusi pada produksi hyaluronic acid.

5. Edamame
Mengandung fitoestrogen, edamame dapat meningkatkan produksi hyaluronic acid tubuh, dan merupakan sumber protein, mangan, folat, vitamin C dan K, serta zat besi.

6. Ubi jalar
Selain mengandung magnesium yang penting untuk produksi hyaluronic acid, ubi jalar juga mengandung berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan betakaroten.

7. Kaldu tulang
Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan dalam air selama 12-48 jam. Kaldu tulang kemudian akan mengandung banyak nutrisi, termasuk hyaluronic acid.

Kaldu tulang juga mengandung jumlah protein yang baik, dan merupakan sumber yang baik untuk senyawa prolin, glutamin, kondroitin, dan glukosamin.

Prolin dan glutamin adalah dua jenis asam amino, bahan penyusun protein yang dapat meningkatkan produksi protein dalam tubuh. Sedangkan kondroitin dan glukosamin dapat mendukung kesehatan sendi.

Selain itu, kaldu tulang juga kaya akan kolagen, sejenis protein yang telah terbukti meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro