Menguap/calmclinic
Health

Cara Mencegah Penyakit Degeneratif Ala Akademisi

Choirul Anam
Selasa, 17 Oktober 2023 - 22:17
Bagikan

Bisnis.com, MALANG — Cara mencegah penyakit degeneratif, yakni dengan menerapkan gaya hidup yang baik. Simak beberapa cara untuk mencegah penyakit degeneratif.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Aan Dwi Prasetio, mengatakan penyakit degeneratif adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi sel. Semakin bertambahnya usia, maka fungsi sel pun akan semakin menurun. Penyakit ini memiliki berbagai macam jenis, seperti demensia, parkinson, osteoporosis, multiple sclerosis, stroke, alzheimer, dan lainnya.

“Penyebab awal dari penyakit ini adalah genetik atau keturunan. Jika orang tua memiliki riwayat parkinson misalnya, maka hal tersebut beresiko besar akan diturunkan kepada anak-anaknya,” ucapnya, Selasa (17/10/2023).

Penyebab kedua, yakni gaya hidup atau lifestyle. Penyakit degeneratif biasanya akan muncul di usia 65  tahun keatas. Namun, gaya hidup yang kurang atau tidak sehat menyebabkan penyakit ini lebih sering muncul dibawah usia tersebut.

Lifestyle sekarang itukan sudah macam-macam, seperti makan junk food hingga mengonsumsi gula berlebih. Ditambah juga jarangnya berolahraga, makannya tidak teratur, yang malah hal tersebut mempercepat penyakitnya muncul. Contohnya sekarang banyak pasien stroke di usia 30 tahunan, padahal dulu penyakit ini biasa muncul di usia 50 tahun keatas,” ucapnya.

Aan mengatakan bahwa gejala dari penyakit degeneratif ini pastinya berbeda-beda. Jika terkena parkinson, maka gejala yang akan dialami penderitanya adalah tremor dan kaku. Namun penyakit degeneratif yang paling sering muncul ialah alzheimer.

Alzheimer jika daya ingatnya menurun sebelum usia 65 tahun. Jika mengidap penyakit ini, penderitanya pun tidak bisa melakukan aktivitas sendiri.

Penyakit degeneratif tidak dapat disembuhkan secara total, sebab berkaitan dengan penambahan usia. Jadi penyakit ini hanya bisa dikurangi morbiditas atau kecacatannya. Obat-obatan hanya membantu agar penyakit tersebut tidak semakin berat, serta menjaga agar kualitas hidupnya lebih baik.

“Meski demikian, tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat dicegah. Caranya adalah dengan tetap menjaga pola makan dan hidup sehat di usia muda seperti rajin berolahraga, tidak merokok dan tidak minum alkohol,” jelasnya.

Dia mengingatkan, gaya hidup di masa muda akan sangat berpengaruh pada kualitas masa tua seseorang. Jadi sangat penting untuk memperhatikan Kesehatan sedini mungkin.

“Masa muda itu akan sangat menentukan successful aging atau masa tua kita. Jika kita menerapkan pola hidup sehat pada usia muda, maka saat sudah berada pada usia di atas 50 tahun akan terjadi proses penyakit degeneratif yang lebih minimal,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro