Tembok Ratapan di Jerusalem/Nazaret Tour
Travel

Rekomendasi 17 Destinasi Wisata di Jerusalem

Redaksi
Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jerusalem dipenuhi dengan pemandangan alam, pantai yang indah dan sejarah menakjubkan yang bisa dinikmati setiap orang yang berkunjung kesitu.

Meskipun ukurannya kecil, Kota Tua ini memiliki daya tarik wisata yang lebih menakjubkan dibandingkan banyak negara lain.

Sebagai tempat ziarah yang populer bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim, kota ini memiliki beberapa tempat keagamaan yang paling dihormati. Tempat-tempat ini juga terkenal dengan keajaiban arkeologinya. 

Simak 17 destinasi wisata di Jerusalem yang menjadi rekomendasi terbaik untuk berkunjung:

1. Tembok Barat

Situs paling suci dalam Yudaisme sangat menarik untuk dikunjungi dan ada suasana yang menggetarkan, ketika orang-orang Yahudi Ortodoks bergoyang-goyang, berdoa di Tembok Barat.

Mendukung satu sisi Temple Mount, area tersebut sekarang berfungsi sebagai sinagoga de facto. Tembok ini sering dikenal sebagai Tembok Ratapan, karena orang-orang Yahudi selama berabad-abad datang ke sini untuk meratapi kehancuran Bait Suci pada tahun 70 Masehi.

2. Museum Israel

Dibuka pada tahun 1965, koleksi fantastis Museum Israel mencakup sejarah lebih dari 5000 tahun dan fokus utamanya adalah seni dan arkeologi.

Saat menjelajahi galeri arkeologi,akan menemukan banyak artefak yang ditemukan di wilayah tersebut dan barang-barang dari dunia Islam, Timur Dekat, Italia dan Yunani semuanya terwakili. 

Gulungan Laut Mati yang terkenal hanyalah salah satu yang menarik, menatap naskah-naskah kuno Alkitab merupakan pengalaman yang menakjubkan.

3. Gereja Makam Suci

Dipercaya sebagai tempat Yesus disalib dan kemudian bangkit dari kematian, Gereja Makam Suci berisi dua situs paling suci di dunia Kristen. Interiornya yang suram dan bersuasana khas layak dikunjungi ketika berada di Yerusalem.

Dipenuhi oleh peziarah dan wisatawan, gereja ini dijalankan oleh beberapa denominasi Kristen, yang enggan berbagi tanggung jawab di antara mereka sendiri. Ditahbiskan pada tahun 335 M, gereja ini telah dirusak, dihancurkan dan dibangun kembali berkali-kali selama berabad-abad. 

Meskipun ramai, anehnya ini adalah tempat yang damai untuk dikunjungi. Melihat kuil Edicule di mana makam Yesus yang kosong berada pasti akan membuat merinding.

4. Yad Vashem

Tempat yang mengharukan dan emosional, mengunjungi Yad Vashem adalah suatu keharusan ketika berada di Yerusalem. Ini adalah peringatan resmi Israel bagi mereka yang dibunuh secara brutal selama Holocaust.

Terletak di lereng Gunung Herzl, situs peringatan ini berisi Museum Peringatan Holocaust, yang membawa wisataan melewati kekejaman mengerikan yang dilakukan Nazi. Melihat semua foto mereka yang meninggal di Hall of Names adalah sesuatu yang tidak akan pernah dilupakan.

Meskipun banyak audio, video, dan barang yang dipamerkan mengejutkan, banyak juga yang melambangkan kelahiran kembali dan pameran Api Abadi adalah contoh sempurna dari hal ini.

5. Bukit Bait Suci

Berisi Masjid Al Aqsa, ini adalah situs terpenting ketiga di Pulau dan situs tersuci dalam Yudaisme. Di sinilah Kuil Pertama dan Kedua didirikan.

Ketika melintasi trotoar batu kapur kuno di kompleks besar yang dikelilingi pohon cemara ini adalah hal yang damai, meskipun konflik telah melanda selama ribuan tahun. 

Puncaknya adalah melihat Dome of the Rock dengan kubah emas ikoniknya yang berkilauan di bawah sinar matahari.

6. Taman Makam

Makam batu yang menakjubkan ini berasal dari abad ke 8-7 SM dan beberapa orang Kristen percaya bahwa di sanalah Yesus dikuburkan dan kemudian bangkit dari kematian.

Akibatnya, banyak peziarah dan wisatawan datang mengunjungi taman yang damai di mana ia berada, meskipun taman ini tetap merupakan tempat yang tenang dan jauh dari keramaian yang menyumbat jalan-jalan kuno Kota Tua.

Terletak di sebelah Bukit Tengkorak yang bernama menakutkan, terdapat banyak perdebatan mengenai apakah Yesus benar-benar dikuburkan di sini, tetapi tetap layak untuk dikunjungi.

7. Kota Daud

Daya tarik lain yang menuai kontroversi karena kini berada di pemukiman ilegal Israel, Kota Daud adalah salah satu situs arkeologi terpenting di Yerusalem.

Terletak tepat di luar Kota Tua, di sinilah Raja Daud pertama kali membangun kota Yerusalem. Di tengah reruntuhan dan bebatuan, terdapat dua terowongan batu kuno yang bisa dilalui.

8. Pasar Mahane Yehuda

Pasar ramai yang telah ada sejak zaman Ottoman ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Kios-kios berwarna-warni yang tak terhitung jumlahnya dipenuhi dengan segala sesuatu mulai dari buah-buahan dan sayuran hingga kue-kue dan jus segar.

Menawarkan gambaran otentik kehidupan di Kota Suci, Pasar Mahane Yehuda memiliki banyak bagian, beberapa gang merupakan rumah bagi tukang daging sementara gang lainnya menjadi tempat penjual pakaian dan kopi.

Pada malam hari, pasar berubah dan banyak orang datang ke sini untuk menikmati restoran dan barnya yang luar biasa.

9. Terowongan Tembok Barat

Sejarah Yerusalem yang panjang dan penuh gejolak telah menyaksikan kota ini dihancurkan dan dibangun kembali berkali-kali, yang berarti sebagian besar kota tersebut dibangun di atas puing-puing dan reruntuhan bangunan-bangunan yang ada sebelum mereka.

Oleh karena itu, banyak terowongan yang berkelok-kelok di bawah Kota Tua. Tur terowongan Tembok Barat yang dipandu menawarkan pengunjung kesempatan untuk kembali ke zaman kuil kedua dan menjelajahi hamparan dunia bawah tanah yang menakjubkan ini.

10. Kubah Batu

Terletak di puncak Temple Mount, Dome of the Rock berkilauan di bawah sinar matahari dan dikenal di seluruh dunia. Ini adalah salah satu landmark paling terkenal di Yerusalem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro