Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.
Travel

10 Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia 2023, New York Nomor Satu

Mutiara Nabila
Rabu, 18 Oktober 2023 - 20:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa kota di dunia menjadi tempat tinggal paling diminati bagi para miliarder dunia. New York misalnya, menjadi kota paling populer bagi kaum ultra kaya. 

Melansir Forbes, tahun ini, dari 2.640 miliarder dalam daftar Miliarder Dunia versi Forbes, 101 diantaranya tinggal di Kota New York, sehingga milarder di kota ini lebih banyak dibandingkan tempat lain di dunia. 

New York merupakan pusat pemukiman teratas bagi para miliarder selama tujuh tahun berturut-turut, hingga akhirnya diambil alih oleh Beijing pada tahun 2021. 

Namun kekuasaan ibu kota China itu tidak bertahan lama hingga New York kembali merebut posisi pertama pada 2022 dan mempertahankannya tahun ini.

Jika digabungkan, para miliarder Kota New York memiliki kekayaan kolektif sebesar US$616,8 miliar. Namun, China tetap menjadi negara dengan kota terbanyak yang masuk dalam 10 besar. 

Di China, Beijing turun dari posisi nomor 2 tahun lalu ke nomor 3 tahun ini, Shanghai naik ke nomor 4 dari nomor 5 tahun lalu, menyalip London, dan Shenzhen turun ke nomor 8, dari posisi 6 tahun lalu. Selain itu, Hong Kong naik ke peringkat ke-2 setelah hadirnya dua miliarder baru. 

Berikut ini daftar kota dengan miliarder terbanyak di dunia beserta miliarder terkayanya

1. New York (101 miliarder)  

Total kekayaan bersih: US$616,8 miliar

Penduduk terkaya: Michael Bloomberg (US$94,5 miliar)

Tahun ini New York masih menjadi ibu kota dengan miliarder terbesar. Hampir seperempat kekayaan kota ini terkonsentrasi pada warga terkaya, Michael Bloomberg dengan perkiraan kekayaan bersih US$94,5 miliar, dan orang terkaya kedua, Julia Koch dengan kekayaan US$59 miliar.

2.  Hongkong (70 miliarder) 

Total kekayaan bersih: US$286,8 miliar 

Penduduk terkaya: Li Ka-shing (US$38 miliar)

Hong Kong naik ke posisi kedua tahun ini dengan tambahan keuntungan bersih dari dua miliarder. Dua taipan yang kembali muncul setelah mendapat manfaat dari pembukaan kembali China setelah Covid-19 dan peningkatan permintaan perjalanan adalah Zhao Tongtong dengan kekayaan US$1,3 miliar, salah satu pendiri operator jaringan hotel H World Group, dan Lawrence Ho dengan kekayaan US$1,2 miliar, yang mengendalikan kasino yang terdaftar di Hong Kong  operator Resor Melco.

3.  Beijing (68 miliarder) 

Total kekayaan bersih: US$247,2 miliar 

Penduduk terkaya: Zhang Yiming (US$45 miliar)

Ibu kota China ini terus kehilangan miliarder dengan jumlah  yang lebih besar dibandingkan kota-kota lain, sehingga kota ini merosot dari posisi pertama pada 2021 menjadi nomor 2 pada 2022 dan kini berada di posisi ketiga. 

Di antara mereka yang tidak lagi memiliki kekayaan miliaran dolar adalah Zhao Weiguo, setelah dia didakwa dengan tuduhan korupsi. 

Sementara itu, orang terkaya di Beijing adalah pendiri ByteDance, pemilik TikTok, Zhang Yiming dengan kekayaan US$45 miliar, meskipun kekayaannya turun US$5 miliar dibandingkan tahun lalu, tetap menjadi warga terkaya di kota tersebut.

4.  Shanghai (65 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$181,9 miliar

Penduduk terkaya: Colin Zheng Huang (US$30,2 miliar)

Shanghai diisi oleh penduduk baru kaya raya, termasuk Tang Rui dengan kekayaan US$1,5 miliar, pendiri startup kendaraan otonom, ZongMu Technology, Chen Yin dengan kekayaan US$1,3 miliar sebagai ketua perusahaan pekarangan dan peralatan mandiri Greenworks, dan Lyu Yixiong dengan kekayaan US$1,1 miliar yang merupakan CEO Shanghai Chicmax Cosmetic, dan Colin Zheng Huang, pendiri raksasa e-commerce PPD Holdings yang kini menjadi warga kota terkaya dan peraih keuntungan terbesar ketiga dalam daftar Forbes setelah kekayaannya meningkat sebesar US$18,9 miliar menjadi sekitar US$30,2 miliar karena saham PPD melebihi US$18,9 miliar.  

5.  London (63 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$294,9 miliar 

Penduduk terkaya: Len Blavatnik (US$32,1 miliar)

Kekayaan di London turun tiga kali lipat dan membuatnya turun dari posisi nomor 4 pada 2022. Charles Dunstone, pendiri perusahaan telekomunikasi Carphone Warehouse, dan Denis Sverdlov, pendiri dan CEO startup kendaraan listrik Rusia, Arrival, mengalami penurunan kekayaan di bawah ambang tiga koma. Sedangkan, satu-satunya miliarder baru di kota ini adalah Alexander Gerko dengan kekayaan US$5 miliar, seorang penduduk asli Rusia yang mendirikan perusahaan perdagangan algoritmik XTX Markets dan memperoleh keuntungan dari dividen yang besar pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro