Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.
Travel

10 Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia 2023, New York Nomor Satu

Mutiara Nabila
Rabu, 18 Oktober 2023 - 20:23
Bagikan

6.  Moskow

(61 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$307,1 miliar Penduduk terkaya: Vladimir Potanin (US$23,7 miliar)

Perang di Ukraina mungkin masih jauh dari selesai dan sanksi-sanksi Barat terhadap banyak orang terkaya di Rusia masih berlaku, namun Moskow berhasil naik dari peringkat 7 menjadi peringkat 6 dan menjadi negara terkaya ketiga secara keseluruhan, dalam hal total kekayaan bersih.  

Total kekayaan 61 miliardernya adalah US$307 miliar, atau naik US$92 miliar dibandingkan tahun lalu. Hampir dua pertiga warga kota mengalami peningkatan kekayaan. Kota ini memiliki 15 miliarder yang kembali, termasuk Roman Trotsenko dengan kekayaan US$3,2 miliar, pemilik Aeon Corporation, yang mengoperasikan lebih dari 20 bandara di Rusia, taipan pipa Anatoly Sedykh dengan kekayaan US$1,8 miliar, dan Dmitry Pumpyansky dengan kekayaan US$1,7 miliar.

7.  Mumbai

(56 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$276,4 miliar

Penduduk terkaya: Mukesh Ambani (US$83,4 miliar)

Mumbai naik satu peringkat menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak nomor 7, dengan perolehan bersih lima anggota baru dari klub tiga koma. Mukesh Ambani yang memiliki kekayaan US$83,4 miliar terus menjadi penduduk terkaya di kota ini, dengan kekayaannya mencapai 30 persen dari total kekayaan miliarder kota tersebut.  =

8.  Shenzhen

(54 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$246 miliar

Penduduk terkaya: Ma Huateng (US$35,3 miliar)

Turun dari posisi keenam tahun lalu, Shenzhen mengalami kerugian bersih dari lima miliarder, termasuk taipan properti Huang Shih Tsai dengan kekayaan US$840 juta dan Ren Zhengfei, pimpinan perusahaan perangkat keras telekomunikasi Huawei Technologies dengan kekayaan US$851 juta. Orang terkaya di kota ini masih tetap Ma Huateng dengan kekayaan US$35,3 miliar, CEO raksasa internet Tencent.

9.  Singapura

(46 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$133,3 miliar

Penduduk terkaya: Goh Cheng Liang (US$14,3 miliar)

Singapura bergabung dengan peringkat teratas tahun ini setelah menyambut empat miliarder baru dan dua miliarder yang kembali ke negara kota tersebut. Goh Cheng Liang, pemilik produsen cat terbesar keempat di dunia, menduduki peringkat teratas orang terkaya di Singapura dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$14,3 miliar.

Adapun, yang bergabung kembali dalam daftar adalah Min-Liang Tan dengan kekayaan US$1,1 miliar, pendiri perusahaan elektronik Razer, dan mereka yang baru pertama kali bergabung adalah Michael Kum dengan kekayaan US$1 miliar, yang memiliki kerajaan perhotelan mencakup sembilan hotel di seluruh Eropa dan Asia, dan Loo Choon Yong dengan kekayaan US$1 miliar, yang memiliki lebih dari 100 klinik kesehatan di seluruh Singapura.

10.  Delhi

(37 miliarder)

Total kekayaan bersih: US$116,4 miliar

Penduduk terkaya: Shiv Nadar (US$25,6 miliar)

Ini adalah kota kesepuluh dengan miliarder terbanyak. Delhi baru masuk dalam peringkat sepuluh besar, dengan perolehan bersih dua kali lipat, termasuk Manohar Lal Agarwal dengan kekayaan US$1 miliar, yang menjalankan Haldiram Snacks yang berbasis di Delhi, serta Saroj Rani Gupta dengan kekayaan US$1,2 miliar, yang ikut mendirikan tabung APL Apollo pada 1986 bersama mendiang suaminya.

Kembali ke jajaran orang terkaya Delhi adalah Ashok Kajaria dengan kekayaan US$1 miliar, yang perusahaannya merupakan produsen ubin keramik terbesar di India. Adapun, warga terkaya di kota ini adalah Shiv Nadar dengan kekayaan hingga US$25,6 miliar, yang merupakan salah satu pendiri penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India, HCL Technologies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro