Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Health

Studi Ungkap Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Diet

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Kopi tidak hanya terbukti meningkatkan energi dan fokus, tetapi minuman kaya antioksidan ini juga bermanfaat bagi mereka yang sedang berdiet, menurut sebuah studi baru.

Sebuah penelitian pada bulan Oktober 2023 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa minum lebih banyak kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 

Tujuan dari penelitian terbaru ini adalah untuk mengetahui apakah minum kopi berkorelasi dengan penambahan berat badan.

Tim mempelajari variasi asupan kafein, konsumsi kopi, dan perubahan berat badan dengan mengamati penambahan produk kopi krim, gula, atau non-susu.

Tiga kohort prospektif besar digunakan untuk penelitian ini, termasuk Studi Kesehatan Perawat (1986 – 2010), Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan (1991 – 2014), dan Studi Kesehatan Perawat II (1991 – 2015).

Tim peneliti mengevaluasi persamaan antara perubahan kebiasaan minum kopi dalam setiap periode empat tahun dan variasi berat badan yang serupa.

Temuan dari ketiga penelitian tersebut digabungkan, dan hasilnya menggembirakan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kabar baiknya adalah meningkatkan konsumsi kopi menjadi satu cangkir ekstra kopi tanpa pemanis setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan (kira-kira hanya di bawah 0,3 pon) selama periode empat tahun.

Namun hati-hati, karena minum kopi dengan tambahan satu sendok teh gula mengakibatkan penambahan berat badan selama rentang waktu empat tahun tersebut.

Intinya, jika Anda mengubah rutinitas Anda menjadi minum kopi tanpa gula dan meningkatkan jumlah yang Anda minum Anda dapat melakukan yang solid dan mempercepat upaya penurunan berat badan Anda.

Menambahkan krim atau pemutih kopi ke dalam secangkir kopi Anda tampaknya tidak menyebabkan penambahan berat badan, menurut penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro