Orang yang berselingkuh sedang merindukan mantan pacar
Relationship

Ini 5 Cara Meminta Maaf ke Pasangan, Usai Ketahuan Selingkuh

Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023 - 16:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika ketahuan selingkuh oleh pasangan, beberapa orang mungkin takut untuk meminta maaf karena malu ataupun takut dimarahin. Beberapa orang lain lagi mungkin akan berusaha mendapatkan maaf dari pasangannya

Namun, usaha tersebut bisa saja tidak berhasil karena kesalahan perilaku atau sikap ketika meminta maaf atau memilih untuk menghindar. 

Mengutip psychologytoday.com pada Senin (23/10/2023), sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan oleh Menelaos Apostolou dan Nikolaos Pediaditakis dari Universitas Nicosia menyoroti berbagai metode rumit dan beragam yang digunakan orang untuk meminta maaf setelah berselingkuh

Selain menganalisis psikologi strategi mencari pengampunan, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang perilaku umum manusia terkait perzinahan dan rekonsiliasi.

Dengan menggunakan serangkaian wawancara mendalam dan survei terbuka pada tiga penelitian, para peneliti mengidentifikasi serangkaian strategi rekonsiliasi umum yang kemudian mereka konfirmasikan menggunakan survei terkomputerisasi terhadap 657 orang dewasa berbahasa Yunani.

Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ini bisa sangat efektif, meskipun efektivitasnya sangat dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, dan ciri-ciri kepribadian, serta aspek-aspek lainnya.

Berikut adalah sikap dan strategi yang bisa digunakan untuk meminta maaf kepada pasangan: 

1. Berusahalah Untuk Mendapatkan Maafnya

Strategi pertama ini kamu bisa bersikap berusaha untuk mendapatkan pengampunan dari pasanganmu. 

Kamu bisa mulai dengan mengatakan betapa pentingnya hubungan kalian, berapa banyak waktu yang kalian habiskan untuk hubungan kalian, kamu tidak dapat hidup tanpa pasangan mu, atau hal-hal manis lainya yang bisa membuat hatinya luluh untuk memberikan mu maaf. 

2. Menyalahkan Pasangan atau Korban

Kamu bisa “menyalahkan korban” dengan menekankan bahwa perselingkuhan tersebut disebabkan oleh jarak emosional dari pasanganmu, pengabaian, atau bahkan tuduhan perselingkuhan pasangan mu entah itu nyata atau hanya karangan mu saja. 

3. Meminta Maaf Melalui Media Perantara

Kamu bisa berusaha mendapatkan maaf dari pasangan mu dengan memanfaatkan kerabat dan teman-temannya untuk membujuk pasangan mu agar berdamai.

Cara ini lebih berat dari berusaha meminta maaf secara langsung karena kamu tidak hanya berusaha membujuk pasangan mu tetapi juga teman-temannya atau kerabatnya untuk membantu mu. 

Terkadang sebuah perselingkuhan dalam satu hubungan tidak hanya pasangan yang akan marah tapi orang-orang disekitarnya juga akan ikut marah kepada mu. 

4. Janji

Cari ini kamu bisa bersikeras bahwa “hal ini tidak akan pernah terjadi lagi” dan perselingkuhan itu hanya terjadi satu kali saja.

Kamu memberikan janji kepada pasangan mu bahwa perselingkuhan tidak akan pernah terulang. Kamu juga memberikan kompensasi meyakinkan ketika kamu akan berselingkuh lagi. 

5. Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga 

Jika perselingkuhan terjadi dalam hubungan berumah tangga maka kamu bisa meminta pasanganmu untuk membantu “memperbaiki” hubungan kalian dengan mencari konseling dari pendeta, konselor pernikahan, dan lainya. 

Hal ini akan sangat membantu memperbaiki hubungan dan kamu sebisa mungkin untuk bersikap penuh penyesalan. Pasanganmu mungkin akan mau untuk kembali memperbaiki rumah tangga kalian. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro